Patung Paus di Bosnia, Simbol Perdamaian Semua Agama
Sumber: AP

Internasional / 2 May 2014

Kalangan Sendiri

Patung Paus di Bosnia, Simbol Perdamaian Semua Agama

Lois Official Writer
3968

Dalam minggu ini, patung mendiang Paus Yohanes Paulus II diresmikan di ibukota Bosnia, Herzegovina untuk mengenang usahanya dalam memperkenalkan perdamaian dan rekonsiliasi selama dan setelah perang Bosnia pada tahun 1990-an. Paus asal Polandia itu juga merupakan tokoh dunia pertama yang mengaku Bosnia sebagai negara merdeka dari Yugoslavia pada 1992.

Karena itu, penduduk Sarajevo dari semua agama baik itu Muslim, Katolik Kroasia, dan Ortodoks Serbia pun datang. “Selama masa perang, pesan Paus merupakan sebuah pesan harapan untuk seluruh Bosnia, khususnya Sarajevo,” ujar Bakir Izetbegovic, politisi Muslim anggota dewan kepresidenan Bosnia.

Pada 1997, Paus Yohanes Paulus II mengunjungi Sarajevo yang masih hancur akibat perang, padahal nyawanya pun diancam upaya pembunuhan. Sejumlah ranjau darat ditemukan di sepanjang rute yang dilalui Paus Yohanes Paulus II ke Sarajevo.

Patung setinggi tiga meter itu diletakkan di depan Katedral hati Yesus di Sarajevo. Patung itu terbuat dari alumunium dan menampilkan sosok Paus yang berdiri sambil menundukkan kepalanya.

 

Baca juga :

Ciri Wanita yang Terlalu Manja dan Terlalu Mandiri

Mengenal Pancaroba yang Terjadi Dalam Diri Manusia

Ada Jokowi dan Prabowo di Game-Game Ini

Jasa Laundry dan Kelebihannya

The Other Woman, Wanita Korban Selingkuh yang Bersatu

Sumber : kompas.com by lois ho/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami