Obama: Diskriminasi Kaum Minoritas Tak Akan Majukan Malaysia

Nasional / 28 April 2014

Kalangan Sendiri

Obama: Diskriminasi Kaum Minoritas Tak Akan Majukan Malaysia

Lori Official Writer
2998

Kunjungan yang digelar Presiden Amerika Serikat Barrack Obama ke Malaysia dibumbui dengan pernyataan tajam terhadap negri jiran tersebut. Dalam kesempatannya menyampaikan pidato di Universiti Malaya, Minggu (27/4).

Sebagai negara Muslim, Obama berpendapat bahwa negara tidak akan bisa maju bila sebagian dari warga mendapat perlakuan diskriminatif, termasuk dilatarbelakangi oleh isu agama. “Malaysia tidak akan maju jika warga non-Islam tidak punya peluang yang sama seperti warga yang lain,” kata Obama seperti dirilis Inilah.com, Senin (28/4).

Ia melajutkan, warga negara minoritas akan merasa kurang diterima dan dimusuhi. Kondisi itu tentunya akan menajdi penghambat bagi suatu negara untuk bisa maju. “Untuk maju, Anda perlu mentolerir mereka yang berbeda dengan Anda. Baik dari sisi keturunan, agama, bangsa dan orintasi seksual”.

Sebagai presiden kulit hitam, ia menyarankan agar Malaysia memberi peluang yang sama terhadap kaum minoritas. Besarnya konflik yang terjadi di berbagai berlahan negara dilatarbelakangi oleh perlakuan berbeda terhadap warga negara minoritas.

Kendati begitu, Obama tetap memuji Malaysia sebagai negara yang memiliki masa depan di berbagai aspek. Hal itu disampaikan dihadapan Perdana Menteri Malaysia Nazib Razak.

Adapun kunjungan orang nomor satu Amerika ini adalah rangkaian tour Obama ke Jepang, Korea Selatan, Malaysia dan Filipina dalam tujuan menggalang Trans Pacific Partnership terkait hubungan perdagangan dengan negara ASEAN.

Dari pernyataan Obama terkait tindakan diskriminasi, perlu digaris bawahi bahwa hal itu dapat diterima, tak hanya Malaysia namun Indonesia patut memahami konsep tersebut.

 

Baca Juga Artikel Lainnya:

Lukman Sardi: Miris, Kenapa Kasus JIS Harus Terjadi

Perdagangan Seks Anak Meningkat Jelang Piala Dunia

Korban Pedofilia William James Vahey, Silahkan Lapor ke FBI

Mendikbud Pastikan Penutupan TK JIS Final dan Mengikat

Inilah Komentar Kepsek JIS Soal Kasus Asusila Anak Muridnya

Sumber : Inilah.com/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami