PERLINDUNGAN BAGI KELUARGA DENGAN DIDIKAN, BIMBINGAN, PETUNJUK

PERLINDUNGAN BAGI KELUARGA DENGAN DIDIKAN, BIMBINGAN, PETUNJUK

Hevi Teri Official Writer
797

APA BIMBINGAN ITU ?

Bimbingan kepada anak-anak adalah tindakan atau proses memimpin/menunjukkan arah hidup, ini http://www.jawaban.com/assets/uploads/hevi_teri/images/main/140318140756.jpgmencakup proses pengontrolan arah hidup secara umum dan mengarahkan anak-anak untuk taat kepada Tuhan dengan segala nasehatnya. Mazmur 25:4-5.
Pusat upaya bimbingan adalah dalam hal menanamkan  tata nilai kehidupan yang hakiki kepada anak-anak, dari sejak lahir sampai ia masuk kepernikahan, orang tua wajib memberikan bimbingan tentang sistem hidup  yang benar dan langkah-langkah praktis yang spesifik mengenai  bagaimana mencapai tujuan yang Tuhan sudah tetapkan dalam hidupnya secara konsisten ( terus menerus ) jadi tidak benar kalau seorang tua menyerahkan tanggung jawab bimbingan ini kepada pihak lain baik sekolahan atau Gereja.


PENTINGNYA BIMBINGAN BAGI ANAK-ANAK adalah :

•   Untuk menghindarkan mereka dari kehancuran karena tidak tahu akan bahayanya kehidupan ditengah dunia yang rusak, berbahaya penuh jebakan  . Amsal 2: 20-21.

•   Untuk menghidarkan anak-anak dari kehidupan yang bingung karena tidak tahu pedoman hidup yang pasti dan jelas, bagaimana seharusnya hidup ini. Yakobus 1:6b.

•   Untuk menjamin kepastian hidup diberkati dalam Tuhan bagi anak-anak kita yang kita Bimbing jalan hidupnya seturut kehendak Tuhan. Yesaya 58:11  seperti juga peranan ROH KUDUS dalam hidup kita,mengajar,membimbing dan memberitahukan hal-hal yang akan datang. Yohanes 16:13.


 BELAJAR DARI CARA ALLAH MEMBIMBING KITA

Melalui petunjuk
•   Tuhan memberi petunjuk tentang jalan hidup kepada bangsa Israel agar mereka menikmati janji-janji-Nya dalam perjalanan hidup mereka . Ulangan 28:1-46.

Melalui pengalaman
•   Tuhan memberi perintah kepada bangsa Israel agar terus menceritakan pengalaman keluarnya bangsa Israel dari Mesir kepada anak keturunannya.Ulangan 6:20-25.

Melalui kegagalan
•   Tuhan mengingatkan kepada Adam dan Hawa akibat kegagalan mentaati perintah-Nya atau memberi tahukan sebab dan akibat dosa . Kejadian 3:14-20./ Amsal 15:31-32.Atau melalui kegagalan orang lain.  Amsal 24:30-34.

Melalui teladan.
•   Tuhan Yesus memberikan teladan dalam hidup-Nya untuk diikuti jejak-Nya Filipi 2:5-10 Dan Rasul paulus memberi teladan yang sama. 1 Korintus 11:1.

 

By. ForumKristen.com >>>

Sumber : google
Halaman :
1

Ikuti Kami