Mengonsumsi Gula Berlebihan Bukan Hanya Bikin Gendut!

Mengonsumsi Gula Berlebihan Bukan Hanya Bikin Gendut!

Budhi Marpaung Official Writer
2142

Sebagian besar orang pasti sudah mengetahui bahwa mengonsumsi gula secara berlebihan akan mengakibatkan kegemukan. Namun, penelitian terbaru justru menunjukkan akan adanya efek buruk lain yang disebabkan hal ini.

1. Memicu penuaan. Selain dapat menjadi sumber kelebihan kalori, kebiasaan mengonsumsi makanan mengandung gula (karbohidrat) dapat memicu penuaan pada tingkat sel dan inflamasi. Kedua hal tersebut akan meningkatkan risiko kita terkena penyakit kronis. 

2. Menurunkan faktor pertumbuhan neural. Faktor pertumbuhan neural semisal BDNF akan mengalami hambatan ketika kita mengonsumsi gula secara berlebihan. Sebagai informasi, BDNF merupakan komponen yang diproduksi di otak yang bertugas mempercepat kemampuan belajar, berpikir, dan memori jangka panjang.

Jadi, dengan kata lain, efek mengonsumsi gula dalam takaran yang tidak seharusnya akan membuat kita lebih lambat berpikir dan cenderung pelupa.

3. Buat wajah mudah berjerawat. Dari hasil penelitian terkini ditemukan fakta bahwa kelebihan gula bisa menjadi penyebab mengapa wajah terlihat lebih tua dari usia sebenarnya. Bukan itu saja, wajah juga lebih mudah berjerawat. 

4. Berpengaruh pada tekanan darah.  Saat kita mengonsumsi gula lebih dari yang seharusnya kita asup maka tubuh bakal melepaskan lebih banyak hormon insulin untuk menghapus gula dari peredaran darah. Ketika level hormon insulin meningkat maka itu akan memicu ginjal menahan sodium.

Sementara itu terjadi, tubuh akan memompa lebih banyak lagi sodium melalui makanan yang kita asup. Hasilnya, terjadi ketidakseimbangan pada kadar sodium dan tekanan darah pun meningkat.

Perlu diingat bahwa segala asupan yang berlebihan tidaklah baik. Jadi hari ini mulailah ambil keputusan untuk menjaga pola makan makanan yang mengandung gula Anda. Sebab, yakinlah, cara sehat yang Anda lakukan sekarang pasti berdampak positif untuk kesehatan Anda baik di masa kini maupun masa mendatang.

  

Baca juga : 

Polres Bandung Adakan Program Perampingan untuk Polisi Gendut

Join IMAGO Festival 2014 

Kopi Darat Forum JC 3 Mei 2014

Forever, Single Terbaru Khas Kari Jobe

Pijakan yang Kuat

Tips Membuat Anak Lebih Betah di Rumah

Sumber : kompas.com / bm

Ikuti Kami