Tips Hemat Berlibur ke Luar Negeri Saat Dollar Melambung

Tips Hemat Berlibur ke Luar Negeri Saat Dollar Melambung

Budhi Marpaung Official Writer
4145

Jika melihat pergerakan mata uang asing khususnya dolar Amerika Serikat selama beberapa pekan terakhir maka rata-rata nilai tukarnya terhadap rupiah berada di kisaran sebelas ribu. Nilai ini bisa dikatakan tergolong tinggi. Imbasnya, biaya liburan ke luar negeri dari tanah air dipastikan ikut melonjak.

Pada umumnya, ada tiga komponen pengeluaran terbesar bila kita hendak traveling ke negara lain, yakni tiket pesawat, hotel, dan belanja. Tips berikut mungkin dapat membantu Anda tetap bisa berpergian ke mancanegara dan berhemat di kala melonjaknya dollar.

1. Pastikan tujuan liburan Anda. Apabila Anda belum menentukan tujuan liburan sebaiknya tentukan dengan pertimbangan berikut :

- Pilihlah negara-negara tujuan yang mata uangnya juga melemah terhadap dollar Amerika. Negara-negara berkembang seperti Thailand, Filipina, Malaysia, Vietnam, Kamboja biasanya juga akan mengalami penurunan nilai tukar mata uang terhadap USD. Lagi pulan, biaya hidup di negara-negara ini pasti relatif murah.

- Hindari bepergian ke negara-negara yang nilai tukar mata uangnya terhadap USD dibuat tetap (‘peg’). Sebab, pasti biaya liburan akan menjadi lebih mahal dalam rupiah. Selain Amerika Serikat, negara yang mata uangnya di-peg adalah Hongkong, Arab Saudi.

2. Usahakan tekan biaya tiket pesawat. Biaya tiket pesawat yang hampir pasti mengandung unsur dollar paling banyak. Biaya tiket pesawat bisa menjadi komponen terbesar, namun bisa jadi tidak terlalu besar tergantung jarak penerbangan Anda. Ada beberapa cara untuk menekan biaya ini :

- Pesan tiket pesawat jauh di depan untuk mendapatkan harga lebih murah

- Kalau penerbangan tidak terlalu lama coba gunakan low-cost carrier dibandingkan full service airline atau menggunakan kabin ekonomi saja

- Bayar tunai dengan dollar Amerika untuk tiket pesawat, sebab jika Anda membayar dengan kartu kredit nilai tukar-nya akan menjadi lebih mahal di saat nilai tukar dollar sedang bergejolak.

3. Usahakan tekan biaya hotel. Nah inilah biaya yang paling mungkin untuk ditekan, dan caranya bisa beragam pula.

- Pilihlah hotel dengan rating satu tingkat lebih rendah.

- Alternatif lain bisa menggunakan hotel lokal dengan kualitas baik. Hotel-hotel jaringan internasional cenderung memiliki standard harga dalam dollar juga. Hotel lokal rata-rata menggunakan mata-uang lokal dalam menentukan tarifnya.

- Anda juga bisa memilih hotel bukan di lokasi utama karena rata-rata tarifnya pasti lebih rendah. Tapi tetap diingat biaya transportasi lokal, jangan sampai mendapatkan hotel yang lebih miring tapi harus membayar ongkos transportasi lebih besar.

4. Tekan biaya makan. Selain tiket pesawat dan hotel, komponen lain yang bisa Anda tekan biayanya adalah biaya makan. Meski begitu, faktor kesehatan tetap dinomorsatukan. Jangan karena Anda mau berhemat untuk makan malah berujung biaya pengobatan karena sakit.

5. Tekan biaya belanja. Sebagai pelancong atau wisatawan tentu kegiatan berbelanja di negara asing adalah aktivitas yang tidak mungkin dilupakan. Supaya tidak jadi membengkak, perketat anggaran belanja dengan membeli barang yang sesuai dengan isi kantong Anda. Jika memang hanya satu atau beberapa item produk dari negara itu yang bisa Anda beli, belilah dengan jumlah semampu Anda tersebut. Jangan gengsi.  

Itulah tips hemat berlibur ke luar negeri saat dollar melambung. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda.

 

Baca juga : 

Iron Man 3 Berhasil Raup Untung 300 Juta Dollar

Join IMAGO Festival 2014 

Kopi Darat Forum JC 3 Mei 2014

Forever, Single Terbaru Khas Kari Jobe

Pijakan yang Kuat

Tips Membuat Anak Lebih Betah di Rumah

Sumber : totosp.wordpress.com / bm
Halaman :
1

Ikuti Kami