Anak Muda Australia Makin Banyak yang Butuh Konseling

Nasional / 1 April 2014

Kalangan Sendiri

Anak Muda Australia Makin Banyak yang Butuh Konseling

Lois Official Writer
2222

Melebihi kapasitas, layanan konseling 24 jam lewat telepon khusus bagi anak muda di Indonesia Kids Helpline, terpaksa harus tidak menjawab 40 persen telepon yang masuk. Hal ini menunjukkan kebutuhan konseling anak muda di negara tersebut makin meningkat.

Tahun lalu, layanan tersebut tidak menjawab sekitar 156.000 panggilan telepon dan email. Direktur Eksekutif Kids Helpline, Tracy Adams, menyatakan bahwa untuk membantu lebih banyak anak, layanan tersebut butuh lebih banyak dana. Untuk menjawab kebutuhan tahun lalu saja, dibutuhkan biaya sekitar 11 juta dolar (Rp 114,7 miliar).

Adapun jumlah anak-anak yang mencari bantuan pada tahun 2012 adalah 640.000, di tahun 2013 meningkat menjadi 700.000. “Adam akin banyak anak muda yang meminta bantuan layanan ini saat mereka mengalami masalah, dan kami khawatir,” ujar Adams. “Masalah-masalah yang mereka alami sangat serius : bunuh diri, kesehatan jiwa, kecemasan, dan depresi.”

Rhiannon Cole (22) mengaku jika tanpa Kids Helpline, mungkin dia sudah tidak lagi hidup. “Saya sangat depresi, dan saya mulai berpikir tentang menyakiti diri sendiri dan bunuh diri,” ujarnya. Cole harus menunggu satu jam sebelum dia bisa berbicara dengan konselor.

“Akhirnya panggilan saya tembus, dan saya berbicara dengan pekerja yang baik sekali,” ujarnya. “Saya lega ada yang mengatakan pada saya bahwa itu bukanlah salah saya, dan saya tidaklah sendirian.”

“Banyak anak muda yang menghubungi Kids Helpline saat mereka dalam kondisi terburuk, saat mereka butuh dukungan. Bila panggilan mereka tak tembus, rasanya seperti ditolak. Terkadang saya sendiri juga menyerah karena waktu tunggu yang lama,” ujar Cole.

Di Indonesia, ada satu layanan yang serupa. Tidak hanya untuk anak muda, layanan ini ditujukan pada semua orang yang membutuhkan masalah konseling. Jika Anda menghadapi masalah pribadi, keputusasaan, rumah tangga yang hancur, penyakit yang parah dan butuh penguatan, kehidupan yang rusak, kesendirian, ingin bunuh diri, dan lain sebagainya, Anda bisa menghubungi CBN Center di nomor telepon hotline 89921333

 

Baca juga :

Hindari Hal-Hal Ini Demi Ginjal yang Sehat

Lucia, Bayi 500 Gram di Kantong Sandwich

Divergent, Diburu demi Sistem Buatan Manusia

Yang Harus Dilakukan Setiap Sahabat

Mata Menua Bisa Picu Depresi Bahkan Bunuh Diri

Sumber : tribunnews.com by lois ho/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami