Waspadai Ancaman Karir Bermedia Sosial Ini!

Waspadai Ancaman Karir Bermedia Sosial Ini!

Lori Official Writer
2748

Tak selamanya kebebasan berkomunikasi di media sosial dapat Anda sebut bijak. Bagaimana pun banyak kode etik menyampaikan pendapat yang perlu Anda patuhi. Akibat salah bertindak di dunia maya, nasib Anda bisa saja sama seperti Farhat Abbas yang kini terjerat hukum lantaran melontarkan komentar-komentar negatif yang menyerang orang lain.   

Begitu juga dengan karir Anda. Setiap tindakan yang dilakukan dengan tidak bijaksana akan menimbulkan resiko yang fatal. Lalu, tindakan-tindakan berlebihan apa sajakah yang kerap kita lakukan di media sosial?

Menyiarkan permasalahn perusahaan

Setiap perusahaan memiliki kebijakan tertentu yang perlu Anda ketahui. Seperti disebut oleh Mike Harry, konsultan sumber daya manusia, bahwa “Bisnis lebih menambahkan ketentuan sosial media sebagai buku pegangan karyawan mereka”. Nah, alangkah baiknya bila Anda sebagai karyawan mengetahui benar-benar tentang peraturan perusahaan. Postingan status yang mengandung makian, kekesalan, kekecewaan dan persoalan perusahaan akan menjadi bumerang bagi karir Anda.

Memicu kontroversi

Banyak kali diantara pekerja yang dengan sengaja atau tidak melakukan kesalahan pemostingan status di media sosial yang merusak image perusahaan di mata publik.

Komentar negatif

Mengeluhkan pekerjaan di media sosial sebaginya harus Anda hindari. Bukan tidak mungkin bila keluhan dan komentar negatif Anda tersebut dibaca oleh sang bos. Bila hal demikian sudah terjadi, maka karir Anda dalam masalah besar.

Menyamakan semua situs media sosial

Baik Facebook, Twitter, Linked-In hingga Instagram tentu punya fungsi yang berbeda-beda. Bila anda ingin fokus membangun karir professional, maka cobalah bergabung dengan Linked-In. Jangan lakukan tindakan salah dan berlebihan di situs ini seperti di media sosial lainnya.

Jadi bila tak ingin terjerat persoalan besar dalam karir, maka cobalah untuk memikirkan terlebih dahulu apa yang akan Anda lakukan sebelum bertindak. Semoga kita dapat belajar dari kesalahan.


Baca Juga Artikel Lainnya:

Strategi Sukses Berbisnis Via Media Sosial

Potensi Media Sosial Untuk Tingkatkan Karir

Yuk Kenali 3 Tipe Desainer Grafis Berikut

Raup Keuntungan Berbisnis di Masa Kampanye

Sumber : Indotopinfo.com/jawaban.com/ls

Ikuti Kami