Sikap dan Tanggung Jawab Gereja Menghadapi Tantangan Globalisasi

Pelayanan Anak / 31 March 2014

Kalangan Sendiri

Sikap dan Tanggung Jawab Gereja Menghadapi Tantangan Globalisasi

Hevi Teri Official Writer
12650

III. Tujuh Dosa Modern.

Keluarga Allah yang hidup dalam dunia modern dan era globalisasi, disamping harus memahami situasi dimana ia hidup, haruslah juga membiasakan dirinya dengan isu-isu yang dihadapi oleh orang-orang Kristen diseluruh dunia. Stephen Covey, pakar teori persepsi dan manajemen, dalam bukunya \”Principle-Centered Leadership\” mengemukakan 7 dosa maut dari pemimpin masa kini; yang disinyalir telah pula merembes kedalam tubuh gereja:

1. Kaya tanpa kerja
2. Hiburan tanpa hati nurani
3. Pengetahuan tanpa karakter
4. Perdagangan/Bisnis tanpa moralitas/etika
5. Iptek tanpa kemanusiaan
6. Agama tanpa pengorbanan
7. Politik tanpa prinsip.

Jenis kepemimpinan yang bagaimanakah yang dibutuhkan oleh gereja/seorang hamba Allah masa kini untuk menghindarkan diri dari kekeliruan-kekeliruan fatal untuk memimpin umat sehingga mereka tidak jatuh kedalam pencobaan-pencobaan itu? (Yehezkiel 34:1-7).

Substansi pelayanan gereja harus berpusat pada bagaimana menangkal dosa-dosa tersebut. Mendeteksi, menganalisis dan memahami dahsyatnya pengaruh dosa itu adalah tak sesukar mencegah dan mengobati penyakit dosa-dosa itu. Bila hal ini diabaikan, kemungkinan besar gereja tidak relevan lagi dalam abad yang baru karena tidak mampu menjawab permasalahan yang dihadapi oleh umat dan bangsa.

Tuhan Allah memberikan pola kepemimpinan dan pengayoman yang perlu kita teladani dalam gereja masa kini (Yehezkiel 34:11-16 dan Yohanes 10:1-17) sehingga gereja boleh berdiri cemerlang secara global didepan masa-masa yang sukar di akhir zaman ini. (Wahyu 12:1-6). Untuk itu ditengah-tengah isu-isu global yang mengancam martabat dan moral bangsa serta gereja, kita harus tampil sebagai pemimpin dan gereja yang: a) Tetap berdiri teguh diatas kebenaran Firman Allah, b) Memiliki visi Allah bagi zamannya, c) Kerja keras, d) Tahan uji, e) Mengutamakan pelayanan, f) Berdisiplin kuat.

 

By. Pdt.F.H.Saerang .   Lanjut >>>

Sumber : google
Halaman :
1

Ikuti Kami