Sikap dan Tanggung Jawab Gereja Menghadapi Tantangan Globalisasi
Sumber: google

Pelayanan Anak / 29 March 2014

Kalangan Sendiri

Sikap dan Tanggung Jawab Gereja Menghadapi Tantangan Globalisasi

Hevi Teri Official Writer
1438

I. Tujuan Eksistensi Gereja.

Gereja dihadirkan Tuhan didunia ini untuk tujuan tertentu. Tujuan itu terkandung khusus dalam garis besar program kerja Allah dalam bentuk perjanjian sentral (Abrahamic Covenant), Kejadian 12 : 1-3. Hampir semua bagian central dan unilateral itu berhubungan dengan berkat bagi umat pilihan Allah yang lama (Israel), lalu kemudian pada bagian terakhir berhubungan dengan berkat bagi dunia ini. Melalui Abrahan dan keturunannya , Tuhan berjanji memberkati dunia ini (Kejadian 12:3b). Umat Israel menikmati berkat mereka sepuas-puasnya, namun mengabaikan program total penyelamatan umat manusia, termasuk non Israel. Akhirnya Allah membentuk umat pilihanNya yang baru, Ia namakan Eklesia (Matius 16:18) atau Keluarga Allah.(Efesus 2:19-20), yang lebih dikenal dengan nama gereja. Tujuan eksistensi gereja itu adalah agar ia menjadi sarana tunggal bagi program penyelamatan manusia yang sesat melalui program Allah dalam Yesus Kristus yang mati dan bangkit dari antara orang mati.

Juruselamat dunia mengingatkan Eklesia (baca gereja), disaat proses pembentukkannya sebelum ia (gereja) melaksanakan misi penyelamatan itu, di Kalvari bahwa, \Anak manusia datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan memberikan nyawanya sebagai tebusan ganti orang banyak.\” (Matius 20:28; Markus 10:45). Dua hal penting yang dibicarakan Yesus disini, yaitu melayani Tuhan dan menerima kematian Yesus sebagai penebusan dosa. Kata \”dan\” pada anak kalimat kedua dapat berarti \”bahkan\” atau \”sama dengan\” atau \”yang artinya\” . Jadi seluruh kalimat kedua berbunyi , \”bahkan memberikan nyawaNya sebagai tebusan ganti orang banyak.\” Kata \”bahkan\” menunjukkan bahwa meskipun melayani Tuhan dalam bidang apapun itu penting, namun menerima Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat pribadi lebih penting lagi. Jadi gerakan pemberitaan Injil adalah tugas dan tanggungjawab terpenting/terutama dari gereja. Inilah tujuan eksistensi dari Eklesia Allah.

Sebelum Ia naik ke surga, Tuhan yang adalah kepala gereja menegaskan agar tugas pemberitaan Injil keselamatan dalam diriNya menjadi program utama agenda gereja (Matius 28:18-20; Markus 10:15; Lukas 24:44-48; Yohanes 20:21, Kisah 1:8), \”semua bangsa\” (Matius 28:19), \”akhir zaman\” (Matius 28:20), \”segala makhluk (Markus 16:5), dan \”sampai keujung bumi\” (Kisah 1:8) adalah bermakna GLOBALISASI INJIL.

Tugas dan tanggungjawab ini yang terpenting bagi gereja di segala abad, di segala tempat, di setiap budaya. Inilah unsur yang membuat gereja beda dan unik. Dan tak ayal lagi bahwa globalisasi akan sangat menunjang realisasi misi. Para missiolog menamakannya Mandat Illahi Pembaruan atau Mandat Rohaniah. Memang sulit, tetapi bersama Tuhan pasti berhasil.

By. Pdt.F.H.Saerang .   Lanjut >>>

Sumber : google
Halaman :
1

Ikuti Kami