Frederick W. Smith, Pendiri FedEx yang Sukses Dari Nilai C

Career / 24 March 2014

Kalangan Sendiri

Frederick W. Smith, Pendiri FedEx yang Sukses Dari Nilai C

daniel.tanamal Official Writer
7837

Terkadang nilai C pada sebuah makalah di perkuliahan dianggap sebagai sebuah kegagalan atau nilai yang kurang. Namun tidak begitu bagi Frederick Wallace Smith. Nilai C yang diberikan sang dosen pada makalah bisnisnya justru mendorong Smith membuat perusahaan jasa pengiriman surat dan paket terbesar di dunia saat ini, Federal Express atau FedEx.

Lahir di Marks, Mississipi 18 Juni 1971, tokoh yang punya panggilan Fred ini harus ditinggalkan sang ayah pada usianya yang ke-4. Hidup dengan menderita kelumpuhan dan penyakit tulang sejak kecil, Smith mendapatkan kesehatannya yang pulih total pada usia 10 tahun, berikut dengan prestasinya bermain football dan menjadi seorang pilot.

Kegemarannya untuk terbang bersama pesawat dan juga profesinya sebagai seorang marinir yang mengurusi masalah pengadaan dan pengiriman logistik, kemungkinan menjadi pemicunya untuk memunculkan ide bisnis pengiriman surat dan paket menggunakan pesawat milik perusahaan yang khusus diperuntukan untuk mengirim barang.

Untuk itulah saat Smith menuntut ilmu di Yale University Amerika Serikat pada 1966, dia membuat makalah mengenai bisnis ini. Namun sang dosen berpendapat, meskipun makalahnya mempunyai konsep menarik namun kurang masuk akal. Jadilah Smith mendapat nilai C untuk konsep bisnis pengiriman via pesawat terbang khusus tersebut.

Smith pun dengan berani mengakuisisi sebuah perusahaan perawatan pesawat terbang dan juga bisnis pesawat bekas pada 1970. Selang setahun kemudian, Smith mewujudkan konsep bisnis pengiriman via pesawat terbang khusus dengan mendirikan Federal Express atau disingkat FedEx. Hanya dalam semalam saja, FedEx telah melayani 186 paket dengan 14 pesawat kecil ke 25 kota yang terbentang dari Rochester, New York, sampai Florida. Bahkan FedEx mampu untuk mengirimkan paket dengan jaminan sampai tujuan dalam waktu semalam. Pelangganpun segera membludak.

Hingga saat ini FedEx menjadi perusahaan jasa pengiriman surat dan paket terbesar pertama di dunia saat ini. Bahkan Smith mendapat pengakuan internasional atas langkah bisnisnya tersebut dan dianugerahi Person of the Year 2006 oleh Kamar Dagang AS-Perancis.

 

 


Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami