Tanggung Jawab Orang Tua dan Gereja dalam Pendidikan Anak

Pelayanan Anak / 19 March 2014

Kalangan Sendiri

Tanggung Jawab Orang Tua dan Gereja dalam Pendidikan Anak

Hevi Teri Official Writer
964

Bagi gereja nilai-nilai luhur yang diajarkan adalah kebenaran yang bersumber dari firman Tuhan. Pendidikan rohani sebaiknya dilakukan sedini mungkin sehingga sistem nilai anak dapat terbentuk. Sistem nilai berisi hukum-hukum Allah untuk menjaga hidup individu Seperti yang ditulis dalam Ulangan 32:47, 'Sebab perkataan inilah bukanlah perkataan hampa bagimu, tetapi itulah hidupmu dan dengan perkataan ini akan lanjut umurmu di tanah, kemana Kamu pergi, menyeberangi sungai Yordan untuk mendudukinya.

Dalam proses pertumbuhannya, anak mengembangkan pandangan hidupnya dengan lingkungannya. Tentu akan sangat baik bila Sekolah Minggu dapat menjadi lingkungan pendidikan yang berpengaruh bagi anak. Gunarsa mengatakan:

Anak-anak yang secara teratur ke Sekolah Minggu akan kurang atau lebih sedikit melakukan penipuan dan berbohong, dan lebih jujur daripada anak-anak yang tidak mengikuti Sekolah Minggu. Dari berbagai penelitian dan pendapat mengenai pengaruh keyakinan agama terhadap tingkah laku moral dan kehidupan sehari-hari, menurut hasil penelitian kebanyakan remaja merasa bahwa memiliki iman itu harus dan memang mempengaruhi suatu jenjang yang luas dari sikap dan tingkah laku, bahkan ada korelasi yang tinggi antara apa yang menurut pikiran mereka dan apa yang dipengaruhinya oleh pengaruh iman.

Demikianlah pula hasil penelitian yang dilakukan dalam kasus-kasus  yang berbeda yang diteliti oleh Barna Reseach:

Mengikuti sekolah minggu pada waktu kecil memberikan dampak seumur hidup; (Adult who Attended Church As Children Show Lifelong Effect" Survei yang dilakukan dari sejumlah 1003 orang dewasa melalui wawancara di telepon pada bulan November 2001, menunjukan sejumlah 771 yang masih setia hadir di Gereja (Barna Research, Mei 2001)

Gereja sebagai tubuh Kristus mempunyai mandat untuk memperhatikan kerohanian anak. Guru sekolah minggu mempunyai andil besar dalam pembinaan rohan anak-anak. Robert Raikes (1736-1811), Bapak Sekolah Minggu, seorang wartawan yang menjadi pelopor gerakan Sekolah di Inggris berhasil membawa setengah juta anak-anak mengikuti program Sekolah Minggu di seluruh lnggris; ia perlu dicontoh.

 

Sumber : google
Halaman :
1

Ikuti Kami