Boko Haram Mulai Serius Ancam Pemerintah Nigeria

Nasional / 12 March 2014

Kalangan Sendiri

Boko Haram Mulai Serius Ancam Pemerintah Nigeria

daniel.tanamal Official Writer
2911

Kelompok separatis yang mengatasnamakan agama Boko Haram dilaporkan terus mengancam pemerintah Nigeria melalui aksi-aksi terornya. Bahkan diklaim bahwa saat ini pasukan pemerintah kewalahan untuk menghadapi gerombolan yang telah menewaskan ratusan warga sipil ini.

"Kami berurusan dengan musuh yang sangat, sangat serius. Kami terlibat dalam perang yang telah menjadi masalah internasional," kata juru bicara kepresiden Doyin Okupe kepada stasiun televisi swasta Channels saat kepresidenan Nigeria menyatakan keadaan perang terhadap Boko Haram.

"Boko Haram memiliki senjata dan motivasi yang yang lebih baik dari pada pasukan kami. Melihat keadaan sekarang, tidak mungkin bagi kami untuk mengalahkan Boko Haram," kata Kashim Shettima setelah bertemu dengan Presiden Goodluck Jonathan, seperti dilansir dari Aljazeera.

Presiden Jonathan sendiri disebutkan telah menerjunkan pasukan tambahan ke timur laut Nigeria pada May lalu untuk memerangi kelompok yang ingin membentuk negara Muslim. Menurut Shettima, jumlah korban yang tewas dalam pertempuran di desa Izge dekat perbatasan Kamerun itu sebanyak 106 orang.

Namun Juru bicara militer Brigadir Jenderal Chris Olukolade membantah setiap pernyataan yang menyebutkan bahwa pihaknya mengalami kesulitan menghadapi Boko Haram. "Pernyataan itu tidak benar. Ya mereka membawa senjata ilegal, tapi tidak lebih baik dari senjata yang dimiliki pasukan Nigeria," katanya.

 


Sumber : metrotvnews
Halaman :
1

Ikuti Kami