Lois

Official Writer
5351


Menjadi freelancer atau pekerja lepas tidaklah mudah. Pemasukan datangnya tidak menentu. Pengeluaran terkadang tak terduga sehingga ada saatnya pasak lebih besar daripada tiang. Beberapa profesi freelancer yang biasanya dikerjakan yaitu design grafis, penulis, sales, dan lain sebagainya. Namun, jika kita bisa menyiasati masalah keuangan ini, maka menjadi freelancer tidak lagi jadi masalah. Berikut ini beberapa tips yang bisa diikuti :

Punya Uang Cadangan

Tabunglah sedikit demi sedikit uang untuk cadangan. Misalnya saja, Rp 50 ribu setiap bulannya. Uang cadangan tentu berbeda dengan tabungan untuk hari depan. Sisihkan uang untuk berbagai keperluan mendesak.

Jika Anda masih bekerja full time, jangan berhenti terlebih dahulu sebelum Anda menabung enam bulan gaji Anda, sekaligus sambil membangun klien dan mengembangkan pendapatan yang konsisten.

Kurangi Pengeluaran Anda

Hindari godaan pengeluaran atau belanja yang tidak bermanfaat. Anda bisa mencari tempat nongkrong murah meriah yang menyediakan jaringan internet gratis sehingga Anda tetap bisa bekerja dan menghasilkan uang.

Investasi di Awal Lebih Dulu

Jaga perangkat vital Anda untuk mencari nafkah. Misalnya saja Anda sangat membutuhkan laptop untuk dapat menghasilkan uang, maka terlebih dahulu Anda harus back up semua data dan taruhlah anti virus yang terkadang bisa didownload secara gratis. Karena jika sudah rusak, maka uang yang harus Anda keluarkan jauh lebih mahal.

Perluas Bisnis Anda

Jangan hanya di rumah saja, bersosialisasilah. Memang untuk menumbuhkan jaringan bisnis tidak mudah, namun sekali Anda menemukannya, maka keuangan Anda akan stabil bahkan meningkat. Memang dibutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk membangun jaringan tersebut, tapi hasilnya tak mengecewakan. Tekun dan tetap berusaha perluas bisnis Anda. Jika memang karena itu passion Anda, biasanya Anda tak mudah menyerah saat menemui jalan buntu. Yang penting, tetaplah berusaha.

Berkolaborasi dengan Pihak Lain

Cobalah ikuti group-group di FB yang serupa dengan bisnis Anda. Contohnya, seorang freelancer fotografer bisa bekerjasama dengan perencana pernikahan, desain grafis bisa menggandeng konsultan pemasaran, penulis bisa berbisnis dengan penerbit. Dengan begitu, aliran pendapatan akan datang dari berbagai arah.

Hindari Keuntungan Tipis

Pekerja lepas memang memasang tarif yang berbeda-beda untuk pekerjaan yang mereka lakukan. Sayangnya, kadang karena merasa daripada tidak ada pekerjaan sama sekali, pekerja lepas memasang tarif dengan keuntungan tipis. Ada baiknya, tarif yang dipasang memang tarif yang sebenarnya, baik Anda pemula ataupun sudah ahli di bidangnya. Tapi fokuslah untuk mencari serta memperdalam hubungan bisnis dengan lainnya.

Setelah itu, banyaklah membuka internet untuk belajar dari orang-orang yang telah berpengalaman hal serupa dengan Anda. Namun, jangan lupa, saat keuangan Anda menipis, tetap optimis. Sisihkan uang untuk keperluan mendesak itu sangat penting, beri diri Anda target dan jagalah keinginan Anda untuk membeli sesuatu yang tidak benar-benar Anda butuhkan, sambil di sisi lain tetaplah berusaha memberi yang terbaik untuk usaha Anda dan orang-orang yang membutuhkan usaha Anda tersebut.

 

Baca juga :

Daripada Tabungan Bersama Untuk Menikah, Lebih Baik Lakukan Ini

Recharge Your Soul : Keajaiban Cinta

FreedomPop Buat Telepon Pintar Anti Penyadapan

Tersenyumlah Jika Ingin Sehat

Non Stop, Tiap 20 Menit Ada yang Tewas di Pesawat

Sumber : liputan6.com by lois ho/jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

3 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

2 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


Lawrence Fabian Jerangku 19 July 2020 - 23:26:45
Saya meminta doa kalian berserta isteri saya menga... more..

Varris Sitio 15 July 2020 - 10:09:27
Saya Varris dan merupakan salah satu karyawan swas... more..

purnama 1002 2 July 2020 - 23:48:31
Tolong doakan anak perempuan saya yg terkena penya... more..

Anju Frans Siregar 15 June 2020 - 15:07:02
Shalom semuanya. Saya mohon doa untuk kesembuhan d... more..

advertise with us


7238

advertise with us