Empat Hal Penting yang Patut Diketahui Calon Desainer Grafis Freelance
Sumber: idseducation.com

Investment / 10 March 2014

Kalangan Sendiri

Empat Hal Penting yang Patut Diketahui Calon Desainer Grafis Freelance

Budhi Marpaung Official Writer
5634

Pernahkah Anda melihat iklan-iklan media luar ruang yang bagus dan kreatif? Atau iklan-iklan produk tertentu yang ada di media cetak seperti surat kabar atau majalah? Nah untuk Anda ketahui semua gambar yang terlibat bagus, indah, dan bahkan menarik itu dikerjakan oleh seorang desainer grafis.

Melihat kepada perkembangan profesinya kini, seorang desainer grafis tidak harus menjadi karyawan sebuah perusahaan atau berada di kantor dari pukul 08.00-17.00. Dengan menjadi freelancer saja, ia bisa mendapatkan jutaan rupiah ke dalam saldo rekening pribadinya.

Bagi Anda yang tertarik menggeluti profesi desainer grafis freelance, ada empat hal penting perlu Anda ketahui sebelum lebih jauh berkecimpung di area bisnis ini:

1. Tetapkan harga yang kompetitif. Ingat, Anda bukanlah orang pertama yang menggeluti usaha ini. Oleh sebab itu, sedapat mungkin survei harga terlebih dahulu sebelum menentukan harga jasa Anda.

2. Buatlah contoh-contoh desain karya Anda. Mengingat Anda bergerak jasa kreatif maka calon klien harus mengetahui hasil-hasil desain karya yang pernah Anda buat. Sebisa mungkin mintalah komentar klien yang pernah menggunakan jasa Anda dan taruhlah itu di desain karya Anda.

3. Jalin kerjasama dengan pihak-pihak yang membutuhkan jasa desain. Anda tidak perlu susah-susah memikirikan siapakah pihak yang cocok menggunakan jasa desain grafis? Karena pada faktanya, di Indonesia hampir seluruh bidang kehidupan membutuhkan desainer grafis seperti bidang pendidikan, bidang media, bahkan sosial sekalipun.

4. Lakukan promosi dan pemasaran via internet maupun secara langsung. Untuk memperkenalkan atau semakin menguatkan citra jasa Anda, buatlah promosi baik di dunia maya maupun dengan mouth to mouth. Jangan hanya memperkenalkan karya-karya yang pernah Anda buat, tampilkan juga kepada calon klien Anda bahwa harga jasa Anda adalah harga yang kompetitif. Jadi, ketika ia atau mereka membanding-bandingkan dengan yang lain, ia atau mereka tahu bahwa memang harga jasa Anda sesuai dengan yang ada di pasaran.

Jangan pernah takut bahwa bisnis desainer grafis akan mati karena selama bisnis-bisnis bidang lain bertumbuh maka berarti bisnis ini pun akan hidup dan maju.


Baca juga :

Protes Mario Balotelli Dalam Desain Koran di Sepatunya

Join IMAGO Festival 2014  

Thread Forum : Fenomena Selfie

Manusia Batiniah

With Every Act of Love

Sumber : bisnisukm.com / bm
Halaman :
1

Ikuti Kami