Pemerintah Tak Juga Jawab Pengajuan Izin Pendirian Gereja Lamongan
Sumber: id.gofreedownload.com

Internasional / 23 February 2014

Kalangan Sendiri

Pemerintah Tak Juga Jawab Pengajuan Izin Pendirian Gereja Lamongan

Budhi Marpaung Official Writer
5153

Siapa yang tidak kebingungan jika izin pembangunan yang diajukan selama 12 tahun tidak juga dijawab oleh pemerintah setempat. Keadaan inilah yang sedang dirasakan para pengurus Gereja Katolik Santa Maria Kabupaten Lamongan.

Sejak tahun 2002, pihak Gereja yang berada di Desa Bedahan, Kecamatan Babat, Kabupaten Lamongan tersebut mengaku telah mengurus izin mendirikan bangunan (IMB) untuk renovasi dan pembangunan Gereja. Namun sampai tahun 2014, tidak datang pula tanggapan dari pemegang otoritas di Kecamatan Babat maupun Kabupaten Lamongan.

"Kami meski bagaimana?" ujar Daniel Yahya, salah seorang pengurus Gereja Katolik Santa Maria Kabupaten Lamongan seperti dikutip dari tempo.co, Jumat (20/2/2014).

Saat dikonfirmasi oleh wartawan, Camat Babat Fadeli Purwanto mengaku pihaknya belum bisa bersikap karena masih perlu mendengarkan aspirasi dari pelbagai pihak, terutama warga di Desa Bedahan dan sekitarnya. Selain itu, lanjut Fadeli, pihaknya juga perlu melakukan pendataan jumlah jemaat gereja tersebut.

Meski terus dikatung-katung dan jemaat akhirnya terpaksa beribadah di sebuah gudang tak jauh dari Kecamatan Babat, Daniel memastikan pihak Gereja tidak akan memulai pelaksanaan renovasi dan pembangunan gedung sebelum izin turun. "Kami mengikuti aturan saja," tandasnya.

Di saat warga negara melaksanakan aturan dan hukum yang berlaku di Indonesia maka sudah sepatutnya pemerintah memberikan respon positif. Berikanlah tanggapan yang cepat – tentu juga tanpa melupakan prosedur - karena dengan begitu kita akan merasa dipedulikan dan dihargai pihak penguasa atau pemegang otoritas.

 

Baca juga :

Gereja-gereja Di Afrika Tengah Rawat Ribuan Pengungsi Muslim

Orphan, Nyanyian John Waller Agar Kita Peduli Pada Anak Yatim Piatu

Harry Houdini, Pesulap Handal yang Meninggal Karena Usus Buntu

Join IMAGO Festival 2014  

Psikosomatik Dapat Picu Sakit Perut Pasca Operasi Usus Buntu

Tepatkah Jika Istri Lebih Dominan di Ranjang?

Sumber : tempo.co / budhianto marpaung
Halaman :
1

Ikuti Kami