Usus Buntu Bisa Dicegah dengan Minuman Soda

Serba-Serbi Sehat / 23 February 2014

Kalangan Sendiri

Usus Buntu Bisa Dicegah dengan Minuman Soda

Yenny Kartika Official Writer
5817

Kebiasaan makan biji cabai atau jambu klutuk beserta bijinya bisa menyebabkan usus buntu, karena proses pencernaan biji yang kurang baik menyebabkan lambung tersumbat. Untungnya, minum minuman bersoda bisa membantu mencegah penyumbatan tersebut.

Ketika lambung terus-menerus mengalami penyumbatan (disebut juga gastric phytobezoar), maka lama kelamaan akan terjadi radang usus buntu. Seringkali minuman soda dikabarkan memberi dampak kurang baik bagi tubuh, namun untuk kasus yang satu ini, ia justru bisa menjadi penolong.

Minuman bersoda mengandung bahan kimia yang fungsinya menyerupai asam lambung, yaitu membantu pencernaan serat makanan. Selain itu, gelembung soda juga berguna untuk mempercepat proses pencernaan. Dengan kandungan karbon dan asam fosforik, tingkat keasaman minuman soda adalah sebesar 2,6 atau sesuai dengan skala pH.

Meski tidak bisa mengatasi penyumbatan secara total, konsumsi minuman soda bisa membantu meminimalisir penyumbatan tanpa perlu dilakukan pembedahan. Tetapi perlu diingat, mengonsumsi minuman soda secara berlebihan bisa menyebabkan konstipasi alias sembelit. Selain itu, imbang juga konsumsi minuman soda dengan buah, sayuran, dan mengurangi makan biji cabai atau biji jambu klutuk.

 

BACA JUGA:

Hindari Usus Buntu dengan Toilet Jongkok

McCain Sebut Obama Presiden Paling Naif Sepanjang Sejarah

Son of God Siap Dirilis, Para Pendeta Ikut Sibuk

Pikiran Anda Pengaruhi Kecantikan Anda

Ironis, Perubahan Iklim Mengancam Kala Ekonomi Bertumbuh

Karena Yakin Cukup Unik, Prima Rasa Tak Takut Tersaingi

Sumber : doktersehat.com/yk
Halaman :
1

Ikuti Kami