Snowden Menangkan Pemilihan Rektor Universitas Glasgow

Nasional / 19 February 2014

Kalangan Sendiri

Snowden Menangkan Pemilihan Rektor Universitas Glasgow

Lori Official Writer
4616

Bekas agen Intelijen AS, Edward Snowden yang tengah mencari suaka di Rusia menjadi rektor mahasiswa terpilih Universitas Glasgow di Skotlandia. Jabatan Rektor Mahasiswa ini mewakili kepentingan mahasiswa di forum-forum universitas.

Snowden menyambut baik kesempatan besar yang disematkan terhadapnya. Ini menjadi awal sejarah atas dukungan terhadap tindakannya membongkar rahasia penyadapan berbagai negara secara terbuka, seperti yang disampaikannya kepada media bahwa,  “penyadapan massal bukan hanya masalah privasi tapi juga kebebasan akademis dan kebebasan manusia”.

“Saya merasa terhormat atas pemilihan ini, yang menunjukkan sikap bersejarah dalam memperjuangkan nilai-nilai yang sama,” kata Snowden, seperti dilansir Theguardian.com, Selasa (18/2).

Snowden berhasil mengalahkan tiga kandidat lainnya, seperti mantan juara balap sepeda Graeme Obree, penulis Alan Bissett dan Rev Kelvin Holdsworth. Jabatan ini diganti setiap tiga tahun sekali, dan menjadi posisi khas di universitas ini. Rektor mahasiswa terpilih, diberi tanggung jawab dalam memimpin berbagai forum akademis dan melakukan pengembangan sumber daya pengajaran dan fasilitas universitas.

Sayangnya, statusnya sebagai pencari suaka di Rusia akan menghambat pengerjaan tanggung jawab ini. Seperti pengalaman terpilihnya Winnie Mandela (1987) dan Albert Lutuli (1962), keduanya tidak dapat melakukan tugas dengan baik. Sehingga jabatan ini malah hanya dianggap sebagai simbolis semata.

Atas tindakan pembocoran informasi program penyadapan Badan Keamanan Nasional (NSA) kepada pers pada Juni 2013 silam, Snowden mengakibatkan hubungan Amerika dengan negara Jerman dan Perancis renggang. Sehingga dirinya kerap mendapat ancaman dari pemerintah Amerika dan mendesaknya mencari suaka ke negara-negara lain.


Baca Juga Artikel Lainnya:

Inilah Para Pemenang Quiz Gambar Gizmo dan Games Superbook

Roger Danuarta Terlibat Narkoba, Ibunda: Harap Dimaklumilah!

PVMBG Imbau Waspadai Erupsi Gunung Anak Krakatau

Di Valentine, Paus Fransiskus Beri Resep Pernikahan Langgeng

PVMBG Prediksi Letusan Susulan Gunung Kelud Lebih Kecil

Yosi 'Project Pop' Bersyukur Menjadi Host Obat Malam

Sumber : Theguardian.com/Tempo.co/LS
Halaman :
1

Ikuti Kami