John Kerry: Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral Simbol Toleransi

John Kerry: Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral Simbol Toleransi

daniel.tanamal Official Writer
7203

Dalam jumpa pers usai Sidang Komisi Bersama ke-4 dengan Menteri Luar Negeri Indonesia Marty Natalegawa, di kantor Kementerian Luar Negeri Indonesia, di Jakarta, Senin (17/2), Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry menyampaikan kekagumannya pada dua tempat ibadah di Jakarta.

Dua tempat ibadah itu adalah Masjid Istiqlal yang lokasinya saling berseberangan dengan Gereja Katedral di Jakarta. Menurutnya letak masjid dan gereja yang berdekatan itu menjadi simbol toleransi penting."Kemarin saya ke Masjid Istiqlal, masjid ketiga terbesar di dunia. Dari jauh saya bisa melihat Gereja Katedral di seberang jalan. Itu adalah simbol toleransi di Indonesia," kata Kerry.

Dirinya juga menyatakan dengan keberadaan Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral yang berdekatan itu, maka sesungguhnya iklim toleransi menjadi identitas bagi rakyat Indonesia. "Seluruh dunia bisa belajar dari Indonesia."

Kerry sendiri datang ke Indonesia pada Sabtu malam dalam rangka penandatangan Nota Kesepahaman (MoU) antara Pemerintah Republik Indonesia dan Pemerintah Amerika Serikat dalam Kerja sama Selatan-Selatan dan Triangular yaitu sebuah kerangka bagi peningkatan kerja sama bilateral antara kedua negara.

 

Sumber : Merdeka.com
Halaman :
1

Ikuti Kami