Bentuk Cinta Orang Tua yang Dibutuhkan Anak

Parenting / 13 February 2014

Kalangan Sendiri

Bentuk Cinta Orang Tua yang Dibutuhkan Anak

Lori Official Writer
24166

Bicara seputar ikatan cinta orang tua dan anak, tentunya semua orang tua mengasihi anak-anaknya. Cinta atau kasih sayang orang tua sangat berdampak terhadap pertumbuhan anak, baik secara emosional dan fisik. Sebuah studi menemukan bahwa anak-anak yang kurang kasih sayang dan perhatian dari orang tua akan berpengaruh terhadap kondisi kesehatan anak hingga dewasa.

Judith E. Carroll, PhD, seorang peneliti dari University of California (UCLA) di Los Angels mengatakan bahwa cinta dan kasih sayang dari sosok orang tua akan membuat anak merasa terlindungi dari tindakan kasar yang kemungkinan besar berdampak pada kesehatan anak ketika beranjak dewasa. Dengan itu, penting bagi orang tua untuk memahami bentuk cinta dan kasih sayang yang dibutuhkan oleh anak di tengah kebersamaan setiap hari.

Sentuhan Fisik

Sentuhan fisik merupakan bentuk tindakan emosional manusia dalam menunjukkan rasa sayang kepada orang lain. Demikian pula dengan orang tua terhadap anaknya. Memeluk adalah bahasa cinta yang paling kuat, hal inilah yang dapat semakin membuat anak lebih akrab secara emosi dan merasa disayangi oleh orang terdekatnya.

Perhatian

Sejak dari kecil orang tua menjadi center dari perjalanan pertumbuhan anak. Segala sesuatu yang berhubungan dengan kehidupan anak diatur oleh orang tua. Memenuhi segala kebutuhan itu memang adalah bentuk perhatian, tapi tak cukup dengan itu. Anak membutuhkan perhatian orang tua dalam bentuk yang cukup sederhana, seperti meluangkan waktu untuk bermain, belajar dan berkumpul bersama. Semakin banyak kebersamaan anak dengan orang tua, maka akan semakin berpengaruh baik bagi kepribadian anak dan hubungan sosial anak dengan orang lain.

Perkataan  

Perkataan yang keluar dari perbendahraan yang baik, pada dasarnya akan menjadi berkat. Begitu pula dengan para orang tua untuk selalu memberkati anak-anak dengan perkataan yang positif, baik dan membangkitkan. Perkataan yang baik akan membuat si anak merasa bangga dan berupa untuk memacu dirinya menjadi seorang yang lebih baik.  

Teladan Orang tua

Sikap orang tua dalam kehidupan sehari-hari akan mempengaruhi kehidupan anak. Dalam hal ini, orang tua diberi tanggung jawab dan anugerah untuk menjadi teladan yang akan membentuk seorang anak kelak menjadi orang tua yang baik juga. Dalam hal ini, orang tua dituntut untuk menjadi pribadi yang berpandangan positif, adil dalam tindakan, ramah, suka menolong, tegas terhadap kesalahan dan menjadi penyemangat. Anak-anka tentunya akan menirukan sikap yang sama dengan orang tuanya.

Sebagai orang tua, pekalah terhadap apa yang dibutuhkan oleh anak. Orang tua memiliki tugas besar dalam mencetak generasi yang baik bagi dunia. Hal itu dapat terwujud ketika orang tua menyadari bahwa memberikan cinta yang cukup, akan membentuk anak menjadi pribadi yang pengasih.

 

Baca Juga Artikel Lainnya:

Anak Telat Menikah, Bagaimana Menyikapinya?

Persiapan Mental Anak yang Orangtuanya Menikah Lagi

Membuat Resolusi Keluarga Bersama Anak

Dampak Kehadiran Orangtua Pada Tumbuh Kembang Anak

Sumber : Berbagai Sumber/Jawaban.com/LS
Halaman :
1

Ikuti Kami