PGI Minta Gereja-gereja Tetap Netral Dalam Pemilu 2014
Sumber: Jawaban.com

Nasional / 13 February 2014

Kalangan Sendiri

PGI Minta Gereja-gereja Tetap Netral Dalam Pemilu 2014

daniel.tanamal Official Writer
4658

Menjelang pemilu legislatif dan pemilihan umum 2014, Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) meminta kepada gereja-gereja untuk tetap netral atau tidak memihak kepada partai politik atau calon legislatif tertentu. Hal ini disampaikan oleh Kepala Biro Penelitian dan Komunikasi PGI Pdt Henry Lokra.

"Bersikaplah netral atau tidak memihak kepada partai atau caleg tertentu. Jika ada warga jemaat yang menjadi caleg, tetaplah perlakukan dia seperti jemaat pada umumnya," kata Henry, dalam pembacaan pesan pastoral di Wisma PGI, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (12/2/2014).

Menurut Henry netralitas dinilai penting untuk memberikan contoh kedewasaan berpolitik kepada masyarakat. Selain itu gereja harus bisa memposisikan diri tidak menjadi arena kampanye parpol dan caleg. Karena hal ini penting demi menjaga keharmonisan kehidupan persekutuan gereja.

PGI secara khusus juga meminta gereja-gereja untuk memberikan pendidikan politik kepada para jemaatnya. Pendidikan politik itu dilakukan dengan mengajak para jemaat untuk menggunakan hak pilihnya dalam pemilu sekaligus menolak segala bentuk politik uang.

 

Sumber : Kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami