Tips Tidur Nyenyak Sepanjang Malam
Sumber: mayo clinic

Solusi Sehat / 5 February 2014

Kalangan Sendiri

Tips Tidur Nyenyak Sepanjang Malam

Budhi Marpaung Official Writer
6275

Tidur merupakan aktivitas manusia yang tidak boleh diabaikan begitu saja. Ini sangat penting untuk dilakukan setiap harinya karena bila kita memaksakan badan kita bekerja tanpa adanya istirahat total dalam jangka waktu tertentu maka gangguan kesehatan pasti akan dialami.

Salah satu faktor penting dari tidur adalah kualitas dari tidur itu sendiri atau dalam bahasa sederhananya adalah kenyamanan. Sepanjang apapun Anda menutup mata dan merebahkan badan tetapi jika Anda tidak nyaman, Anda tetap bakal merasakan lelah ketika bangun.

Oleh sebabnya, pada artikel ini Jawaban bakal membagikan beberapa tips agar tidur Anda bisa lebih nyenyak sepanjang malam. Berikut ini adalah tipsnya:

1. Tetapkan waktu tidur dan bangun yang tepat. Bila Anda tidur pada jam yang sudah ditentukan, Anda harus sudah pergi ke tempat tidur di waktu tersebut. Begitu juga dengan ketika Anda bangun, Anda harus juga menetapkan bangun pada waktu yang sudah Anda tentukan dan lakukan ini setiap hari.

2. Jangan makan sebelum beranjak tidur dan minum berlebihan ketika beranjak tidur. Kegiatan mengonsumsi makanan dan minum air secara berlebihan bakal membuat tidur Anda menjadi tidak nyaman. Hindari juga minum kopi, merokok atau meminum minuman beralkohol menjelang tidur. Sebab hal itu justru akan menganggu kenyamanan tidur Anda.

3. Buatlah kondisi kamar lebih nyaman untuk tidur. Langkah sederhana yang bisa dilakukan adalah dengan mendengarkan musik yang beralunan lembut maupun menggunakan lampu kamar yang redup. Usahakan matikan televisi sebelum berangkat tidur.

4. Gunakan tempat tidur yang nyaman. Maksud dari tips ini adalah jangan tidur di tempat tidur yang sempit sebab itu akan menyusahkan Anda untuk bergerak.

5. Batasi tidur siang. Walau Anda sudah bekerja dan beranjak dewasa bukan berarti Anda tidak diperbolehkan untuk tidur siang. Hanya saja waktu Anda untuk tidur siang disarankan tidak lebih dari 30 menit. Mengapa? Karena jika lebih dari itu, tidur Anda di malam hari akan jadi pendek dari biasanya.

6. Olahragalah setiap hari. Kegiatan yang menyehatkan tubuh ini perlu dilakukan secara rutin. Dengan berolahraga, Anda bakal mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik.

7. Buat catatan tugas yang akan dikerjakan keesokan harinya. Bila Anda memiliki banyak pekerjaan yang harus dilakukan keesokan hari, disarankan untuk mencatat semua poin pekerjaan itu di dalam sebuah buku catatan. Jangan menyimpan di dalam pikiran Anda. Tinggalkan tugas Anda sementara di buku catatan tersebut dan tidurlah dengan tenang.  

Satu catatan penting lagi yang perlu diketahui juga, Anda adalah penentu kualitas tidur yang Anda bakal dapatkan. Jadi, ambil keputusan untuk tidak ingin diganggu oleh apa pun di saat Anda sedang tidur. Dengan begitu, di keesokan harinya pasti tubuh Anda kembali bugar dan menjadi semangat untuk melakukan yang perlu dikerjakan di hari itu.  

 

Baca juga :

Perut Buncit Bisa Buat Orang Berhenti Bernafas Saat Tidur

Kekuatan vs Keberanian

Kisah Sukses Basuki Tjahaja Purnama di Panggung Politik Indonesia

Kopdar Perdana Seru Awal 2014

Join IMAGO Festival 2014   

Sumber : intips-kesehatan.blogspot.com / bm
Halaman :
1

Ikuti Kami