30 Dari 100 Caleg Diprediksi Akan Gangguan Jiwa
Sumber: tribunnews.com

Nasional / 27 January 2014

Kalangan Sendiri

30 Dari 100 Caleg Diprediksi Akan Gangguan Jiwa

Lois Official Writer
4297

Calon legislatif atau caleg harus siap fisik dan mental dalam menghadapi Pemilu April 2014 mendatang, apalagi jika mereka tidak terpilih saat pemilihan legislatif (pileg) yang telah menghabiskan banyak dana. Sebab diperkirakan dari 100 caleg, ada 30 orang yang mengalami masalah gangguan jiwa.

Gangguan jiwa ini dilihat dari pengalaman Pemilu sebelumnya. "Mereka akan merasakan beban. Memang beda beban caleg yang telah menghabiskan uang Rp 1 miliar dengan Rp 200 juta," kata dr Teddy Hidayat, Psikiater dari RSUP Hasan Sadikin Bandung.

Teddy sendiri pada pileg lima tahun lalu, pernah menangani pasien caleg yang tidak terpilih. "Stres pasti, sudah keluar uang banyak, tidak terpilih. Timbul tegang, cemas, gelisah, susah tidur. Dan yang parah kalau berat, bicaranya ngaco," kata Teddy. Karena itu, Teddy menyarankan seorang caleg harus memiliki kesiapan fisik dan mental agar tidak mengalami gangguan jiwa berat.

Dia menambahkan, para caleg harus ditanamkan pemahaman untuk tidak mempertaruhkan semua agar bisa terpilih. Seharusnya partai politik mengajukan sejumlah nama yang akan diusungnya untuk dilakukan pemeriksaan yang sesuai standar tes kejiwaan. Baru dijadikan rekomendasi untuk meloloskan caleg tersebut atau tidak.

Tiga puluh persen caleg mengalami masalah kejiwaan karena semua harta mereka dipakai untuk kebutuhan politik, bahkan ada yang berhutang. Ini membuktikan bahwa mereka memang tidak pantas dipilih. Jika mengatur diri sendiri dan keuangan pribadi saja tidak bisa sehingga sampai mengalami gangguan jiwa, apalagi dalam menghadapi masalah orang banyak dan menjadi wakil rakyat. Itu bukan tugas yang mudah.

 

Baca juga :

Berbagai Soto Berdasarkan Nama Isinya

Kisah Hidup Slank yang Nggak Ada Matinya

Persiapan Mental Anak yang Orangtuanya Menikah Lagi

Arti Sebuah Isyarat

Langkah-Langkah Buat Bisnis Buku

Sumber : tribunnews.com by lois ho/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami