Gereja Era Bizantium Ditemukan di Israel

Gereja Era Bizantium Ditemukan di Israel

Lori Official Writer
5370

Satu per satu peninggalan kuno ribuan tahun lalu mulai ditemukan oleh ahli arkeolog. Setelah menemukan Menara David tahun lalu, kali ini para ahli arkeolog Israel menemukan sebuah mozaik gereja era Bizantium yang telah berusia 1500 tahun di Moshav, Aluma, Israel pada Rabu (22/1).

Tim arkeolog menemukan gereja ini berbentuk basiliki dengan ukuran sekitar 70x40 kaki. Terdapat sebuah lantai mozaik yang didekorasi dengan desain geometrik berwarna dan 12 baris prasasti dalam bahasa Yunani yang bertuliskan nama Maria dan Yesus. Gereja ini diduga sebagai pusat ibadah masyarakat Kristen setempat.

“Sepertinya kita telah menemukan gereja pertama yang diduga sebagai gereja regional dimana masyarakat terdekat datang dan beribadah di sini,” kata seorang arkeolog IAA Davida Dagan kepada CBN News, Kamis(23/1).

Selain itu, tim arkeolog juga menemukan sejumlah histogram peninggalan budaya di era tersebut. Seperti sebuah medali anggur dengan gambar binatang, prasasti dan simbol-simbol Kristen. “Kami memiliki histogram berupa monografi dari nama Yesus yang tampak sangat luar biasa,” pungkas Dagan.

Tim arkeolog berharap peninggalan kuno yang kemudian ditemukan ini, dapat menjadi sumber pendukung penggalian sejarah budaya yang relevan dengan kisah di Alkitab. Serta sebagai warisan bagi generasi berikutnya dengan tetap berupaya melindunginya.

 

Baca Juga Artikel Lainnya:

Paus Fransiskus: Internet Adalah Hadiah Dari Tuhan

Gereja di 2 Wilayah Indonesia Ini Jadi Tempat Penampungan

Langgar Sumpah, Biarawati Tanggalkan Atribut

Pastor dan Umat Katolik di Manado Gotong-Royong Bersihkan Gereja

Badai Dahsyat Rusak Patung Ikonik Yesus di Brasil

Kritikan untuk SBY: Pentingkan Partai Ketimbang Bencana

Superbook di Kota Batam Dihadiri Ribuan Peserta

Sumber : CBN News/Jawaban.com/LS
Halaman :
1

Ikuti Kami