Umat Ortodoks Eropa Rayakan Hari Pembaptisan Yesus

Internasional / 22 January 2014

Kalangan Sendiri

Umat Ortodoks Eropa Rayakan Hari Pembaptisan Yesus

daniel.tanamal Official Writer
5406

Umat ortodoks di Eropa merayakan hari raya Epiphany atau tanggal peringatan dibaptisnya Yesus Kristus dengan cara yang cukup unik dan menuntut nyali yang cukup besar bagi para pesertanya. Setiap orang ditantang untuk menceburkan diri di sebuah kolam dengan suhu di bawah nol drajat.

Para jemaat berumur dewasa pun akan  segera menceburkan diri ke kolam Ephiphany setelah seorang pendeta melemparkan sebuah salib ke tengah. Dipercaya bahwa setiap orang yang dapat memegang salib itu akan terbebas dari roh jahat.

Umumnya tradisi ini dilakukan oleh umat Ortodoks di Eropa Timur. Salah satunya adalah di Bulgaria, dimana Epiphany dirayakan dengan 350 laki-laki yang memakai pakaian tradisional dan mengarungi Sungai Tundzha. Tradisi ini dihadiri oleh Walikota setempat dengan iringan orchestra rakyat yang melakukan tarian.

Sementara itu di pelabuhan Laut Hitam Constanta Rumania sekitar 3.000 orang mengikuti tradisi ini. “Kami berharap seperti tenangnya lautan ini, jiwa kami pun akan sama tenangnya,” ujar Uskup Agung Ortodoks Rumania Teodosie Tomitanul.

 Baca Juga Artikel Lain:

Vatikan: 400 Pendeta Dipecat Dalam Dua Tahun!

Vatikan: Paus Fransiskus Tolak Pernikahan Sejenis!

Harley Davidson Milik Paus Fransiskus Dilelang

Sumber : Huftingtonpost
Halaman :
1

Ikuti Kami