Tips Menghemat Penggunaan Gas Elpiji

Entrepreneurship / 10 January 2014

Kalangan Sendiri

Tips Menghemat Penggunaan Gas Elpiji

Yenny Kartika Official Writer
11960

Baru saja pemerintah kembali menurunkan harga gas elpiji/LPG (Liquefied Petroleum Gas) 12 kg yang sebelumnya dinaikkan—kini gas non-subsidi resmi ini naik sebesar Rp 1.000,- saja. Terlepas dari keputusan tersebut, kita bisa bayangkan masyarakat akan menjerit jika pemerintah benar-benar memutuskan kenaikan harga gas melebihi 50%.

Oleh karena itu, alangkah bijak jika kita melakukan penghematan dalam memakai gas elpiji, entah harganya naik, normal, atau turun. Pemborosan bisa terjadi hingga 30% jika tabung gas salah dalam pemakaian atau peletakkan. Berikut ini beberapa tips-nya.

 

#1 Penempatan yang tepat

Dalam tabung elpiji, bentuk awal gas telah diubah ke bentuk cair (liquid). Karena tekanannya yang tinggi, sifat gas elpiji di dalam tabung cenderung lebih dingin atau bersuhu sangat rendah. Akibatnya, isi elpiji di dalam tabung cepat sekali berubah bentuk menjadi es jika suhu di luar dingin atau jika tabung langsung bersentuhan dengan lantai. Isi gas seolah habis padahal nyatanya masih berisi sekitar 30 persen.

Sebenarnya bagaimana peletakkan tabung elpiji yang tepat? Caranya adalah dengan menggunakan alas sebelum langsung menyentuh tanah atau lantai. Alas yang tepat adalah bahan Styrofoam atau kayu.

 

#2 Regulator tepat

Regulator yang baik adalah regulator otomatis dari Pertamina. Regulator jenis ini menyebabkan gas tidak akan keluar bila tidak ada sumber api. Regulator otomatis juga membuat kualitas selang lebih tahan lama karena tidak terus-menerus menahan tekanan gas.

 

#3 Selang yang tepat

Terkadang kita telah menggunakan selang yang baik dan terpasang dengan benar. Namun perlu diperhatikan agar tidak ada tekukan di bagian selang manapun. Pasalnya, selang yang tertekuk bisa menyebabkan gas tersumbat dan gas rawan bocor.

 

#4 Perawatan

Bersihkanlah kompor gas dengan rutin. Kompor gas yang bersih membuat api rata dan berwarna biru meskipun gas yang keluar sedikit. Akibatnya masakan pun lebih cepat matang karena panasnya merata.

Merawat tabung gas juga termasuk menghemat penggunaannya. Segera matikan aliran gas saat api tidak lagi digunakan.

 

BACA JUGA:

Elpiji Naik, Warga Malang Pakai Gas Sampah

Udin, Mantan Pegawai Bank yang Sukses Jadi Pengusaha Gas Elpiji

What's So Amazing About Grace?

Multi Drug Therapy Untuk Sembuhkan Kusta

Taylor Swift Dinobatkan Jadi Artis Paling Dermawan Tahun 2013

Kisah Nyata Keluarga yang Hancur karena Hutang Kartu Kredit

Nama Kristus Mengganggu?

Semua Karena Anugerah-Nya

Katy Perry: Aku Bukan Orang Kristen

Natal Bersama Suku Sunda Berikan Banyak Berkah

Duh, Banyak Pasangan Berpisah Saat Natal!

Perjalanan Hidup Yesus dalam Goresan Pena

Konselor CBN Siap Sedia Selama 24 Jam Setiap Hari

Sumber : berbagai sumber/yk
Halaman :
1

Ikuti Kami