Tahun Baru Gereja Di Sumedang Diserang Massa

Tahun Baru Gereja Di Sumedang Diserang Massa

daniel.tanamal Official Writer
3791

Kembali sebuah gereja di Indonesia diserang oleh sekelompok massa. Kali ini Gereja Pantekosta, Sumedang di Jawa Barat diserang oleh puluhan massa yang memaksa masuk kedalam gereja, namun berhasil dicegah aparat keamanan pada pukul 11.00, Selasa, 31 Desember 2013 kemarin.

Menurut Gereja Pantekosta, Corry Maukar, yang juga istri pendeta, puluhan orang itu, menuntut Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Sumedang untuk segera membongkar bangunan gereja. Mereka beralasan gereja tersebut belum punya izin mendirikan bangunan (IMB). "Massa yang tidak diketahui identitasnya mulai berkumpul di depan gereja kami," kata Corry.

Aksi kekerasan bisa dihindari setelah pihak kepolisian, aparat desa, dan aparat kecamatan menggelar dialog bersama perwakilan massa dan pengurus gereja. Corry mendapat kabar berupa penundaan keputusan nasib gereja itu sampai Bupati Sumedang dilantik. Sebenarnya, Corry sudah berhasil mengumpulkan tanda tangan warga sebagai salah satu syarat pengajuan IMB. Namun, kata Corry, pihak pemerintahan selalu mempersulit urusan IMB.

"Kami sudah tahu bakal diserang kemarin, jadi kami hubungi Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM), sehingga Komnas menurunkan surat tembusan pengamanan gereja," ujar Corry. Jemaat gereja pun, Corry menambahkan, terpaksa merayakan Natal di luar Kabupaten Sumedang.

 

 


Sumber : Tempo
Halaman :
1

Ikuti Kami