Piala Dunia 2014: Roy Hodgson Ogah Pastikan Kemenangan Inggris

Nasional / 1 January 2014

Kalangan Sendiri

Piala Dunia 2014: Roy Hodgson Ogah Pastikan Kemenangan Inggris

Yenny Kartika Official Writer
3780

Tugas Roy Hodgson, manajer tim sepakbola Inggris, kali ini tidak mudah. Ia harus mempersiapkan anak-anak asuhnya sebaik mungkin agar bisa melaju di babak demi babak penyisihan di grup maut dalam Piala Dunia 2014.

Namun, mantan pelatih West Bromwich Albion ini enggan ambil pusing soal grup yang dihuni Inggris bersama Uruguay, Kosta Rika, dan Italia.

“Tidak ada yang namanya undian baik atau buruk. Memang tidak akan ada (grup) yang mudah karena ini adalah Piala Dunia, dan hanya 32 dari beberapa ratus tim sedunia yang akan ambil bagian,” kata Hodgson dalam wawancaranya dengan BBC Radio, Minggu (29/12).

Dalam kurun waktu karir kepelatihannya yang mencapai 40 tahun, Hodgson menilai grup-grup lainnya pun menghadapi hal yang tidak mudah—bukan hanya grupnya.

“Saat Anda sudah ada di sana (Piala Dunia 2014, red.), Anda sebaiknya bersiap karena bisa saja Anda akan menghadapi tim yang sama beratnya atau bahkan lebih berat dari Anda. Tetapi keindahannya adalah saat Anda terlibat di dalamnya,” sambung pria yang pernah menangani Swiss di Piala Dunia 1994.

Meskipun Inggris tidak menjadi tim unggulan dalam Piala Dunia 2014, Hodgson tetap memuji anak-anak asuhannya yang dinilainya memiliki kekuatan mental. Menurutnya, meskipun kualitas mental penting dipertahankan, kualitas fisik pemain pun tak boleh diabaikan.

“Kadang-kadang kami kelelahan karena mengikuti liga yang padat tanpa henti.. Tapi tiga minggu sebelum turnamen raksasa merupakan waktu singkat untuk mempersiapkan tim dan skuad seperti yang Anda harapkan.”

Hodgson membandingkan dengan tim Jerman yang punya jadwal pertandingan lebih sedikit daripada Inggris. “Jerman tidak punya tekanan di kompetisi liga sebanyak yang kami miliki, dan mereka juga punya istirahat musim dingin yang panjang. Itu jauh lebuh berguna daripada kekuatan mental,” tuturnya.

Ditanya soal kans Inggris memenangkan Piala Dunia kali ini, Hodgson enggan memberikan jawaban pasti. “Berbahaya untuk dikatakan, jadi apapun jawaban saya bisa saja salah. Kalau saya katakan Inggris akan menuju final, orang-orang akan bilang ini konyol karena tidak perlu memberi tekanan pada pemain. Jadi ini adalah pertanyaan yang selalu saya hindari setiap saat.”

 

BACA JUGA:

Pasang Setengah Juta Lampu Natal, Keluarga ini Masuk Rekor Dunia

Diamlah!

Jangan Biarkan Otak Rusak Karena Kerja Berlebihan!

Jupe Ikut Rayakan Natal Bersama Gaston?

4 Alasan Kenapa Kita Seharusnya Tidak Pelit

Whispers of Hope: Berdoalah dengan Tanpa Henti

Gara-gara Pohon Natal, Tiga Wanita Berkelahi

Pohon Natal ini Diklaim Sebagai yang Terjelek Sedunia

Ini Dia 7 Pohon Natal Fantastis Sejagad Raya!

Sumber : BBC/yk
Halaman :
1

Ikuti Kami