Meski Dikucilkan Karena Menikah, Uskup Ini Tetap Bertahan

Internasional / 20 September 2013

Kalangan Sendiri

Meski Dikucilkan Karena Menikah, Uskup Ini Tetap Bertahan

daniel.tanamal Official Writer
6131

Meskipun dikucilkan, Uskup Agung Zambia Emmanuel Milingo tetap mempertahankan imannya dalam menjalani tradisi Katholik juga tetap mendukung para pastur yang menikah dalam Gereja Katholik Roma.

Saat ini banyak pastur yang telah ditahbiskan Milingo tidak lagi melihat mereka sebagai bagian dari Gereja Katholik Roma. “Kami bukan gereja yang memisahkan diri. Pastur yang menikah dalam Gereja Katholik sudah ada selama seribu tahun,” ucap Uskup yang menikah dengan seorang akupunturis Korea bernama Maria Sung pada 2011 lalu itu.

Milingo sendiri telah memasuki masa pension dari pelayanannya sebagai seorang Uskup. Dirinya sendiri kemudian menunjuk Uskup Agung Peter Paul Brennan dari Gereja Ortodoks Afrika dan Keuskupan Katholik Ekumenis Amerika sebagai kepala gerakan Married Priests Now! (MPN), gerakan pendukung para pastur yang menikah.

Milingo sendiri juga melakukan sebuah gerakan yang mendesak agar gereja Katholik meminta maaf atas kemungkinan menjual para pastur yang menikah, para istri dan juga anak mereka sebagai budak setelah persyaratan selibat Paus Gregorius VII dibuat pada abad 11 lampau.

 

 


Sumber : CharismaNews | Daniel Tanamal
Halaman :
1

Ikuti Kami