Kaleidoskop 2013: Daftar Kecelakaan di Indonesia

Kaleidoskop 2013: Daftar Kecelakaan di Indonesia

Yenny Kartika Official Writer
6866

Mengenang kembali apa yang sudah terjadi di tahun 2013, tentu kita tidak bisa lupa dengan sejumlah tragedi kecelakaan yang sempat menghebohkan Tanah Air. Untuk membuka kembali memori kita akan sejarah, mari kita tengok beberapa kecelakaan parah yang terjadi sepanjang tahun 2013.

 

Kecelakaan di rel KA Bintaro (9 Desember 2013)

Kereta Commuter Line nomor 1131 jurusan Serpong-Tanah Abang terbakar setelah menabrak truk tangki pembawa BBM di perlintasan Bintaro Permai. Insiden terjadi di jalur arah Pondok Ranji menuju Kebayoran Lama, pukul 11.20 WIB.

Salah satu penyebab kecelakaan adalah tidak berfungsinya palang pintu di kawasan Bintaro Permai, Tangerang. Korban tewas mencapai 7 orang dan 80 lainnya luka-luka.

 

Jatuhnya pesawat Lion Air (14 April 2013)

Pesawat Boeing 737-800 dengan rute penerbangan Bandung-Denpasar jatuh ke perairan di sisi landasan pacu (runway) Bandara Ngurah Rai, Denpasar, Bali. Pilot Mahlup Gozali yang mengemudikan pesawat ini mengaku baru pertama kali gagal mendarat selama 15 ribu jam terbang dalam karirnya. Selain masuk ke laut, badan pesawat juga patah di bagian ekor.

 

Kecelakaan pesawat Merpati (10 Juni 2013)

Badan pesawat Merpati Nusantara Airlines tergelincir dan patah di Bandara El Tari Kupang, Nusa Tenggara Timur. Pesawat bernomor MA60 ini menjalani rute Bajawa-Kupang. Akibat kecelakaan ini, puluhan penumpang dirawat dan bandara sempat ditutup.

 

Tabrakan mobil Dul, Anak Ahmad Dhani (8 September 2013)

Mobil Lancer EX yang dikendarai AQJ, putra bungsu musisi Ahmad Dhani, menabrak mobil Toyota Avanza dan Daihatsu Grandmax. Kecelakaan terjadi di KM 8 ruas tol Jagorawi, arah Cibubur. Korban tewas sejumlah 7 orang, sementara korban luka menurut TMC adalah 9 orang. AQJ sendiri mengalami patah tulang kaki.

 

Terperosoknya Bus Giri Indah (21 Agustus 2013)

Bus Giri Indah berplat nomor B 7297 BI terperosok ke sebuah jurang sedalam 10 meter di Cisarua, Bogor, Jawa Barat dan menyebabkan 19 orang meninggal dunia. Sebelum terjun bebas, bus menabrak mobil pick-up bermuatan gas elpiji. Bus ini mengangkut 60 jemaat GBI Rahmat Emmanuel, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Menurut Kapolda Jawa Barat Inspektur Jenderal Suhardi Alius, insiden ini kemungkinan disebabkan oleh human error atau kondisi fisik kendaraan yang tidak baik.

 

Kecelakaan Mobil Anak Hatta Radjasa (1 Januari 2013)

Muhammad Rasyid Amirullah, anak dari Menko Perekonomian Hatta Radjasa menabrak sebuah Daihatsu Luxio F 1622 CY di ruas jalan tol Jagorawi. Kala itu, Rasyid mengendari mobil BMW X5 berplat nomor B 272 HR. Dua orang tewas dan beberapa orang penumpang Luxio terluka akibat peristiwa ini. Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Rikwanto menuturkan, kecelakaan terjadi karena Rasyid kurang tidur dan sangat mengantuk.

 

BACA JUGA:

Pasang Setengah Juta Lampu Natal, Keluarga ini Masuk Rekor Dunia

Diamlah!

Jangan Biarkan Otak Rusak Karena Kerja Berlebihan!

Jupe Ikut Rayakan Natal Bersama Gaston?

4 Alasan Kenapa Kita Seharusnya Tidak Pelit

Whispers of Hope: Berdoalah dengan Tanpa Henti

Gara-gara Pohon Natal, Tiga Wanita Berkelahi

Pohon Natal ini Diklaim Sebagai yang Terjelek Sedunia

Ini Dia 7 Pohon Natal Fantastis Sejagad Raya!

Sumber : berbaga sumber/yk

Ikuti Kami