Inilah Resolusi Tahun Baru yang Bikin Anda Hemat

Entrepreneurship / 27 December 2013

Kalangan Sendiri

Inilah Resolusi Tahun Baru yang Bikin Anda Hemat

Yenny Kartika Official Writer
5053

Mengakhiri tahun ini, rupanya ada sejumlah kebiasaan di tahun 2013 yang kalau dipikir-dipikir tidak baik untuk kantong Anda. Nah, menyambut tahun 2014 nanti, ada baiknya jika Anda mulai mempersiapkan resolusi-resolusi yang niscaya bisa memperbaiki keuangan. Berikut ini beberapa ide yang bisa Anda masukkan daalam daftar resolusi tahun baru Anda!

 

#1 Berhenti merokok

Di Amerika Serikat, alasan utama para perokok ingin berhenti merokok adalah ‘ingin berhemat’, demikian hasil survei yang dilakukan American Lung Association, Agustus 2013 lalu.

Perlu kita akui bahwa merokok bukan hanya memperpendek umur, tetapi juga menelan biaya yang besar. Anggaplah harga sebungkus rokok Rp 9.000. Jika seseorang merokok satu bungkus per hari, maka dalam sebulan dia menghabiskan 30 x Rp 9.000 = Rp 270.000. Dalam setahun, pengeluaran dia untuk rokok mencapai Rp 3.240.000 (12 bulan x Rp 270.000). Bayangkan jika uang sebanyak itu dipakai untuk kebutuhan lain yang lebih bermanfaat ketimbang merusak badan.

Bayangkan juga berapa banyak biaya yang dibutuhkan untuk membersihkan pakaian dari bau rokok, memutihkan gigi yang kuning akibat asap rokok, dan perawatan wajah untuk keriput yang muncul gara-gara rokok.

 

#2 Lupakan diskon dan promosi kartu kredit

Kebanyakan wanita memiliki titik lemah di area ini. Penawaran menggiurkan seperti ‘beli 2 dapat 1’, ‘dapat potongan harga dengan pembelian sejumlah tertentu’, atau ‘mendapat hadiah setelah pembelian barang-barang khusus’ sebetulnya merupakan pemborosan yang terselubung. Jika Anda tidak benar-benar membutuhkannya, lupakan pembelian barang tersebut. Apalagi jika masih banyak benda-benda yang belum pernah Anda pakai dan teronggok begitu saja di lemari.

 

#3 Pilih jalan kaki daripada naik kendaraan

Anda tidak perlu terus menerus menggunakan motor atau mobil untuk menuju tempat yang jaraknya hanya beberapa puluh meter. Usahakan untuk berjalan kaki atau naik sepeda menuju tempat tersebut. Selain hemat biaya bensin, Anda juga mendapat manfaat dari gerak tubuh dan membantu mengurangi polusi udara.

 

#4 Menghentikan langganan yang tidak digunakan

Coba Anda ingat-ingat. Apakah Anda terdaftar di tempat fitness namun tidak pernah datang ke sana lagi selama 3 bulan terakhir? Apakah televisi Anda memiliki layanan kabel premium, tapi Anda terlalu sibuk untuk menontonnya? Apakah ada majalah atau tabloid yang rutin datang ke rumah Anda tetapi jarang sekali dibaca? Jika memang Anda tak merasakan manfaat yang signifikan dari layanan tersebut, sama saja dengan melakukan pemborosan. Di awal tahun ini, Anda bisa mulai menghentikan langganan-langganan tak jelas yang membuat uang Anda pergi begitu saja.

 

#5 Siapkan dana darurat

Daripada membayar menggunakan kartu kredit yang suku bunganya 45 persen per tahun, mengapa tidak menggunakan dana darurat di tabungan saja yang bunganya hanya 9 persen per tahun? Jadi, mulai hentikan penggunaan kartu kredit untuk keadaan darurat. Siapkanlah uang tunai setiap kali berbelanja.

 

#6 Membawa makanan dan minuman dari rumah

Sadarkah Anda bahwa membeli makanan di luar adalah pemborosan terselubung? Bukan berarti Anda tidak bisa menikmati hidangan di restoran atau kafe, tetapi Anda harus memperhatikan batasannya. Lebih baik membawa bekal makanan dari rumah atau mengajak teman makan di rumah dengan masakan karya sendiri.

Membeli air kemasan terus-menerus juga merupakan kebiasaan yang bikin boros, karena sebetulnya Anda mengeluarkan lebih banyak uang untuk kemasannya, bukan airnya. Jadi, lebih baik membawa botol atau termos dari rumah, dan mengisinya dari dispenser di kantor. Anda hemat berkali-kali lipat, bukan?

 

BACA JUGA:

Pasang Setengah Juta Lampu Natal, Keluarga ini Masuk Rekor Dunia

Diamlah!

Jangan Biarkan Otak Rusak Karena Kerja Berlebihan!

Jupe Ikut Rayakan Natal Bersama Gaston?

4 Alasan Kenapa Kita Seharusnya Tidak Pelit

Whispers of Hope: Berdoalah dengan Tanpa Henti

Gara-gara Pohon Natal, Tiga Wanita Berkelahi

Pohon Natal ini Diklaim Sebagai yang Terjelek Sedunia

Ini Dia 7 Pohon Natal Fantastis Sejagad Raya!

Sumber : berbagai sumber | Jawaban.com | yk
Halaman :
1

Ikuti Kami