DPRD Jateng Kecam Adanya Spanduk Provokatif Jelang Natal

Nasional / 22 December 2013

Kalangan Sendiri

DPRD Jateng Kecam Adanya Spanduk Provokatif Jelang Natal

Budhi Marpaung Official Writer
4041

Sejumlah fraksi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Tengah mengecam aksi yang dilakukan organisasi masyarakat (ormas) tertentu dengan menghadirkan spanduk atau pun baliho provokatif jelang perayaan Natal yang merupakan hari besar umat Kristen.

"Muncul kekhawatiran baliho provokatif dan sholawat akbar bisa memicu konflik antarumat beragama. Kami berharap pimpinan ormas juga turut membina anggotanya dalam menjaga kerukunan umat beragama," demikian ucap Dwi Yasmanto, anggota Fraksi Gerindra DRPD Jateng, Kamis (19/12).

Dijelaskan Dwi, keberadaan agama di Indonesia ditegaskan dalam Penetapan Presiden RI Nomor 1/PNPS Tahun 1965 tentang Pencegahan Penyalahgunaan dan/atau Penodaan Agama. Juga hal ini tercantum pada amanat UUD'45 pasal 29 ayat 2 yang mana isinya adalah negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing-masing dan beribadat menurut agama dan kepercayaannya itu. Oleh sebab itu, ia menyarankan ormas-ormas melihat kepada aturan-aturan yang ada tersebut.

Senada dengan Dwi Yasmanto, anggota Fraksi Demokrat DPRD Jateng Prajoko Haryanto menilai keberadaan spanduk berisi kegiatan agama tertentu yang terpampang di depan rumah dinas Bupati Semarang sangat mengkhawatirkan. Ia menilai jika acara tersebut dilangsungkan maka dapat memicu situasi tidak kondustif

"Kalau membiarkan acara berlangsung, ini sama saja memancing situasi untuk tidak kondusif. Masyarakat selama ini hidup demokratis dengan ideologi Pancasila sehingga harus bisa mewujudkan toleransi antarumat beragama," jelasnya.

Untuk diketahui, hingga Kamis (19/12) sore, spanduk sholawat akbar masih terpasang di Jl A Yani Ungaran. Spanduk ini telah terpasang sejak tiga pekan terakhir.

Di tengah keberagaman bangsa Indonesia, setiap elemen bangsa kiranya dapat mengembangkan sikap saling menghargai satu dengan lainnya. Sebab, hanya dengan inilah kita dapat berdampingan dan bersama-sama membangun negeri kita tercinta. 

 

Baca juga : 

Dua Negara Ini Alami Hujan Salju Pertama Saat Natal

Jack Sim, Pemilik 16 Perusahaan yang Banting Stir Jadi Pekerja Sosial

Berdoa di Dalam Hutan

Mujizat Kesembuhan Terjadi Dalam Hidupku

Thread Forum JC : Bakti Sosial (Berbagi Kasih Dengan Anak-Anak Tanah Merah - OBI 

Sumber : suaramerdeka.com / budhianto marpaung
Halaman :
1

Ikuti Kami