4 Olahraga Unik yang Ada di SEA Games 2013
Sumber: wikipedia

Nasional / 21 December 2013

Kalangan Sendiri

4 Olahraga Unik yang Ada di SEA Games 2013

Lois Official Writer
4961

SEA Games 2013 sudah berlangsung beberapa saat lamanya namun kita masih melihat bahwa ada beberapa cabang olahraga yang dipertandingkan. Beberapa waktu yang lalu, Roy Suryo sebagai Menteri Olahraga menyatakan keberatannya atas beberapa cabang olahraga yang dipertandingkan di SEA Games kali ini. (baca di sini) Cabang olahraga ini cukup unik dan punya cara bermain sendiri. Ini dia beberapa olahraga unik tersebut :

Chinlone

Permainan ketrampilan beregu ini terdiri dari enam orang dengan menggunakan satu bola yang mirip dengan bola sepak takraw. Keenam pemain melakukan gerakan-gerakan tarian dikombinasikan dengan juggling secara bergantian. Mereka bisa menggunakan kaki, lutut, maupun kepala dan bergerak di dalam lingkaran.

Masuknya cabang olahraga ini sempat menjadi kontroversi, karena olahraga yang berasal dari Burma (sekarang Myanmar) ini tidak termasuk dalam olahraga olimpiade.

Muay

Pertarungan yang diambil dari negeri Thailand yang menggunakan teknik mengepiting lawan ini mulai dikenal pada abad ke-20. Mirip seperti tinju, namun sedikit berbeda dimana muay thai dapat menggunakan kaki untuk menyerang lawan.

Vovinam

Olahraga bela diri ala Vietnam ini bisa menggunakan senjata tapi juga bisa tidak. Dasar dari ilmu bela diri ini adalah antara kekerasan dan kelembutan. Dengan menggunakan serangan dan reaksi dari lawan, vovinam juga dapat memakai tangan, siku, tendangan, lari dan teknik mengungkit. Tekniknya bervariasi termasuk menonjok dan menendang.

Petanque 

Olahraga ini mirip seperti sepak takraw yang aslinya berasal dari La Ciotat, Perancis. Petanque yang berarti kaki bersama-sama ini, biasanya dimainkan di lahan yang keras atau berkerikil, namun bisa juga di rumput, pasir, ataupun lahan lainnya. Petanque dimainkan oleh dua tim, dimana satu tim terdiri dari 1-3 orang. Setiap pemain akan punya tiga boules (bola yang terbuat dari logam), jika tiga orang maka masing-masing punya 2 boules saja. Tim yang mulai duluan membuat lingkaran sebesar 35-50 cm, semua pemain harus memasukkan boules mereka ke dalam lingkaran tersebut dengan kedua kaki tetap di tanah.

Tidak semua negara yang ikut SEA Games 2013 bisa mengikuti permainan yang disebutkan di atas. Namun, cukup menarik juga melihat olahraga yang berbeda dari biasanya ini.

 

Baca juga :

Berbagai Sajian Makanan Bernuansa Natal

Mengenal Natal Lewat Sejarah

Ajarkan Anak Natal, Ajarkan Kasih 

Sekerat Roti di Malam Natal 

Tips Agar Kue Kering Tidak Keras

Setelah 10 Tahun Menunggu, Akhirnya Dapat Juga

Peluang Usaha Baru : Iklan di Tisu Toilet

Sumber : wikipedia.com by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami