Sepakbola SEA Games 2013 : Perjalanan Timnas Indonesia U-23 ke Final
Sumber: Wowkeren.com

Nasional / 20 December 2013

Kalangan Sendiri

Sepakbola SEA Games 2013 : Perjalanan Timnas Indonesia U-23 ke Final

Budhi Marpaung Official Writer
6384

Satu langkah lagi, tim nasional Indonesia U-23 akan mengukir sejarah. Setelah meraih medali emas SEA Games pada 1991, tim Merah Putih tidak pernah lagi mengecapnya. Raihan terbaik yang pernah dicapai adalah runner-up.

Melihat materi pemain yang dibawa pelatih Rahmad Darmawan sekarang dengan dua tahun lalu, banyak pengamat dan pecinta tanah air yang meragukan bahwa Andik Vermansyah  dkk akan masuk ke final. Namun, perlahan tapi pasti timnas Indonesia U-23 menunjukkan kualitas permainan yang semakin tertata rapi.

Berikut ini adalah rekam jejak perjalanan timnas Indonesia U-23 sebelum melangkah ke putaran final sepakbola SEA Games 2013 :

Fase Grup B

1. Timnas Indonesia U-23 memulai perjuangan meraih medali SEA Games dengan menghadapi Kamboja pada laga perdana fase Grup B, Selasa (10/12). Lewat susah payah, Ramdani Lestaluhu cs sukses mengalahkan sang lawan pertama mereka 1-0.

2. Berjumpa Thailand di pertandingan kedua, timnas Indonesia U-23 tidak dapat berbuat banyak. Skor 4-1 untuk keunggulan tim Gajah Putih adalah hasil akhir pada laga kali itu.

3. Bertemu Timor Leste, Lestusen dkk harus kehilangan beberapa pemain intinya seperti Diego Michiels dan Andik Vermansyah yang mengalami cedera pasca melawan Thailand. Kondisi itu akhirnya otomatis membuat timnas Indonesia U-23 sedikit kurang menggigit. 0-0 adalah skor akhir Timor Leste vs Indonesia.

4. Di laga terakhir fase grup, timnas Indonesia U-23 menghadapi tim tuan rumah, Myanmar. Sempat diragukan akan mampu mengatasi lawan terakhir, tim Merah Putih justru meraih kemenangan pentinganya. Walau 1-0, tapi itu sudah cukup membawa Indonesia ke fase semifinal karena mendapat poin 7 dan keunggulan head to head dari pesaing berat, Myanmar.

Fase Semifinal

Di fase semifinal, timnas Indonesia U-23 harus kembali bertemu lawan lama di dunia olahraga yakni Malaysia. Dalam pertarungan ketat yang berlangsung kemarin, anak-anak asuh Rahmad Darmawan ini akhirnya berhasil menyingkirkan tim Negeri Jiran tersebut melalui babak penalti setelah sebelumnya kedua tim bermain 1-1 hingga masa perpanjangan waktu.

4-5 untuk kemenangan Indonesia adalah hasil akhir yang terpampang di papan skor. Hal itu membuat timnas Indonesia U-23 lolos ke partai puncak.

Medali emas belum diraih, timnas Indonesia U-23 jangan langsung berpuas diri. Ayo semangat, buktikan bahwa kita bisa juara di panggung sepakbola internasional.

 

Baca juga : 

SEA Games 2013: Indonesia Unggul 1-0 dari Kamboja

Berdoa di Dalam Hutan

Mujizat Kesembuhan Terjadi Dalam Hidupku

Thread Forum JC : Bakti Sosial (Berbagi Kasih Dengan Anak-Anak Tanah Merah - OBI 

Sumber : jawaban.com / budhianto marpaung
Halaman :
1

Ikuti Kami