Tips Agar Tetap Sehat di Saat Lembur
Sumber: libcom.org

Solusi Sehat / 18 December 2013

Kalangan Sendiri

Tips Agar Tetap Sehat di Saat Lembur

Budhi Marpaung Official Writer
5757

Memiliki tanggung jawab di kantor seringkali membuat kita harus lembur. Pada beberapa kelompok orang, jam lemburnya bahkan bisa sampai keesokan dini hari. Hal ini tentu saja dapat berdampak buruk bagi tubuh kita.

Berikut adalah tips agar Anda tetap sehat di saat lembur :

1. Sarapan. Meski Anda bukan lagi anak-anak, tetapi sarapan sebelum beraktivitas adalah sangat penting. Dengan makan secukupnya di pagi hari, energi Anda bakal dapat bertahan hingga semua pekerjaan terselesaikan.

2. Makan siang yang sehat. Walau Anda telah sarapan, Anda tidak boleh sekali-kali untuk melupakan makan siang. Sebab, dengan makan di jam makan siang, kondisi tubuh akan terbantu tetap sehat dan kuat hingga malam hari. Sebisa mungkin, hindari makanan-makan cepat saji (fast food). Konsumsilah asupan yang sehat karena makanan yang masuk ke dalam Anda akan membawa dampak positif bagi diri Anda.

3. Beristirahat pada siang hari. Setiap kantor pasti memiliki waktu istirahat. Jangan habiskan waktu ini dengan hanya makan. Carilah aktivitas menyenangkan untuk merilekskan anggota tubuh Anda yang kaku. Untuk lakukan hal ini, Anda tidak perlu waktu lama. Cukup 10-15 menit saja.  

4. Selingi dengan camilan sehat. Di antara waktu makan siang dan makan malam, cobalah untuk mengunyah cemilan-cemilan yang menyehatkan tubuh. Carilah makanan yang tidak mengandung MSG sebab makanan jenis itu hanya akan membuat Anda semakin terasa mengantuk.

5. Olahraga ringan. Meski Anda mengatakan bahwa pekerjaan Anda sangat banyak, tetapi tetap ingat untuk menggerakkan otot-otot tubuh. Lakukanlah aktivitas ringan seperti jalan keliling kantor atau stretching selama 5-10 menit. Tanpa olahraga ringan maka sarapan, makan siang, istirahat, dan bahkan konsumsi camilan sehat tidak akan maksimal bekerja untuk memperkuat daya tahan tubuh Anda.

6. Meminum air mineral dan suplemen. Pekerjaan apapun baik di luar maupun dalam kantor, mengonsumsi air mineral patut dilakukan. Pastikan Anda mengonsumsi air 2 liter per hari agar kondisi tubuh tetap sehat. Selain itu, tambahkan juga suplemen seperti vitamin untuk menjaga kebugaran tubuh.

Tips di atas adalah pilihan yang perlu diambil apabila Anda melakukan lembur. Namun, ingat jangan terus menerus lembur karena pada dasarnya tubuh membutuhkan istirahat total agar pemulihan kondisi badan menjadi maksimal.

Bekerjalah secara cerdas dan jalani kebiasaan hidup sehat karena kedua hal tersebut yang pasti membawa keuntungan bagi Anda.


Baca juga :

Akibat Lembur Berlebihan, Pria di China ini Meninggal

Jack Sim, Pemilik 16 Perusahaan yang Banting Stir Jadi Pekerja Sosial

Mujizat Kesembuhan Terjadi Dalam Hidupku

Thread Forum JC : Bakti Sosial (Berbagi Kasih Dengan Anak-Anak Tanah Merah - OBI 

Sumber : ciricara.com / bm
Halaman :
1

Ikuti Kami