Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Puji Astuti

Official Writer
5812


Mungkin jarang orang berpikir bahwa kemurahan hati bisa masuk dalam nilai-nilai yang dapat diterapkan dalam dunia bisnis. Biasanya para pebisnis dikenal dengan prinsip mengeluarkan modal seminimal mungkin untuk mendapatkan keuntungan semaksimal mungkin. Namun hal tersebut kini tidak menjamin kelangsungan usaha.

Kini banyak perusahaan tidak hanya berfokus hanya menjual produk mereka, namun juga berkontribusi untuk lingkungan, memberikan layanan khusus atau hadiah untuk pelanggan dan bahkan bermurah hati kepada para karyawannya. Berikut adalah beberapa contoh kemurahan hati yang bisa diterapkan dalam usaha :

- Belanja sekaligus beramal

Mengajak pelanggan belanja sambil melakukan aksi sosial juga memiliki nilai tambah tersendiri. Pengusaha hanya perlu menyisihkan sebagian dari keuntungannya untuk kegiatan sosial yang bisa disesuaikan dengan budaya perusahaan atau spesifikasi produk.

- Discount atau voucher untuk pelanggan

Hal ini mungkin sudah menjadi umum sekarang. Discount dan voucher akan memberikan imbal balik bagi usaha karena akan menambah pelanggan. Selain itu, perusahaan akan mendapatkan marketing gratis karena pasti para pembeli akan menceritakan pada teman-temannya.

- Memberi pelatihan gratis

Memberi sesuatu kepada pelanggan tidak harus selalu berupa barang, namun juga ilmu. Sebagai contoh, sebuah jaringan toko pakaian dan perlengkapan olahraga yoga memberikan pelatihan yoga secara gratis sebulan sekali. Atau beberapa perusahaan memberikan pelatihan gratis melalui email, webinar atau video yang di upload di YouTube. Tips-tips praktis biasanya sangat diminati, jadi Anda bisa mencoba hal serupa yang sesuai dengan keahlian yang Anda miliki.

- Bermurah hati kepada karyawan

Bermurah hati kepada karyawan sangat penting, karena mereka adalah aset utama perusahaan. Jika karyawan senang bekerja di perusahaan, produktifitas akan meningkat dan profit usaha akan menanjak. Contohnya adalah yang dilakukan Costco Wholesale, perusahaan retail nomor lima terbesar di Amerika dengan 457 cabang di berbagai negara bagian. Mereka membayar pegawainya $17 per jam atau 45% lebih tinggi dari saingannya sepert Wal-Mart atau Sam Club. Hal itu membuat turn over karyawan di perusahaan sangat rendah serta para pelanggan juga senang karena tahu bahwa harga murah tidak membuat karyawan di perusahaan itu menderita.

Kemurahan hati berbicara juga tentang tabur-tuai. Jika perusahaan menabur kebaikan, pasti pelanggan juga akan melakukan hal serupa terhadap perusahaan seperti menjadi pelanggan tetap, menceritakan hal-hal positif tentang usaha tersebut kepada teman dan keluarga. Bahkan jika perusahaan dikenal sebagai filantropist tentu brand produk akan melekat di hati masyarakat. Jadi mengapa tidak menerapkan kemurahan hati dalam usaha?

Baca juga artikel lainnya :

Hidup Berkelimpahan Dengan Menabur Lebih Banyak

Bang Fang Li, Tukang Becak yang Murah Hati

Royal Di Luar Tapi Pelit Di Rumah

Dari Ayah Sang Penemu Penisilin

"KadoTerindah" Untuk Batam Dari Superbook

Sumber : Jawaban.com | Puji Astuti

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Yones 25 August 2019 - 01:13:05

Upah mengikut Yesus

0 Answer

Gelatik Senja 22 August 2019 - 23:33:40

Cara mengendalikan hawa nafsu

0 Answer

Samu Vastro 22 August 2019 - 23:11:21

Hormati

0 Answer


Suhidi Yosua 2 August 2019 - 00:01:16
Shalom, Nama saya Suhidi Yosua, 30thn. Saya butuh ... more..

andrew 1 August 2019 - 02:12:17
saya Andrew 21thn saya mau meminta suport dan duku... more..

Wellyanti Oktavia Selan Welly 19 May 2019 - 19:45:52
Selama 10tahun hidup berkeluarga, yang saya rinduk... more..

andre s 10 May 2019 - 15:07:50
Teman2 Mohon di Doakan saya memiliki kebiasaan kec... more..

Banner Mitra Agustus Week 4


7271

Banner Mitra Agustus Week 3