Kiat Jitu Hindari Pemborosan di Hari Natal

Kiat Jitu Hindari Pemborosan di Hari Natal

Yenny Kartika Official Writer
4045

Natal tiba, dan persiapan belanja untuk liburan mulai dicanangkan. Meskipun aktivitas berbelanja bukanlah esensi dari Natal, tradisi kumpul bersama keluarga dan rekan seakan menjadi kebiasaan yang tak mungkin dihindarkan. Nah, kalau sudah begini, pikiran banyak orang bisa mulai ketar-ketir memikirkan budget untuk makanan dan aktivitas di hari Natal.

Supaya tidak mengalami pembengkakan budget dan malah bangkrut sesudah liburan, yuk kita simak kiat jitu menghindari pemborosan di hari Natal berikut ini!

 

Patungan bersama anggota keluarga besar

Jika biasanya keluarga Anda atau Anda pribadi yang selalu mempersiapkan acara Natal secara individu, coba mulai ganti tradisi tersebut. Ajak anggota keluarga besar untuk patungan membeli makanan, hadiah, dan dekorasi Natal. Jika perlu, lakukan undian untuk menentukan siapa yang membeli hadiah untuk siapa. Jadi tidak semua ditanggung oleh Anda atau keluarga Anda.

 

Belanja lebih awal

Dengan berbelanja lebih awal, Anda akan lebih mudah mencari ragam hadiah dengan harga yang masih murah (belum naik). Selain itu, Anda punya waktu lebih banyak untuk memilih-milih hadiah ataupun dekorasi yang paling tepat.

 

Bandingkan setiap toko

Bandingkan harga barang di toko-toko berbeda. Dengan adanya internet, bukankah Anda bisa lebih mudah melakukan riset terhadap produk dan harga? Beberapa toko online menyediakan jasa pengiriman gratis (free shipping) selama masa liburan atau hari besar. Jangan lupa untuk menyimpan struk belanja sebaik-baiknya, kalau-kalau ada barang yang perlu ditukar nantinya.

 

Hindari membuka akun kartu kredit baru

Banyak tawaran pembukaan kartu kredit di musim liburan karena mereka menyedikan diskon langsung sebesar 10 sampai 20 persen. Ingat, jangan mudah terbujuk oleh penawaran belanja menggunakan kartu kredit. Penjual biasanya akan memberikan diskon setelah harga aslinya dinaikkan beberapa kali lipat. Jadi, tetap kendalikan nafsu belanja Anda, ya.

 

Usahakan membayar cash

Pembayaran dengan uang cash akan mencegah berbelanja berlebihan. Kalau uang sudah habis, berarti saatnya Anda berhenti berbelanja.

 

Ganti bingkisan dengan pelayanan

Bentuk hadiah terbaik belum tentu berupa barang, lho. Anda bisa menggantinya dengan bentuk pelayanan, yakni sesuatu yang biasanya jarang Anda lakukan dan akan sangat berarti bagi si penerimanya. Misalnya, orangtua yang kerap sibuk bisa memberikan hadiah berupa satu hari penuh bermain bersama si buah hati. Anak yang merantau bisa pulang ke kampung halaman dan membantu pekerjaan orangtua di rumah. Datang berkunjung ke rumah teman lama dan memberi kejutan kepadanya juga bisa menjadi bentuk hadiah yang tak terlupakan.

 

Memang cukup tepat kalau perayaan Natal dijadikan ajang temu kangen bersama keluarga dan teman-teman. Tapi jangan sampai terlalu berlebihan dan membuat makna Natal yang sesungguhnya jadi kabur, yakni kelahiran Yesus Sang Juruselamat dan Penebus. Selamat merayakan Natal!


BACA JUGA:

The Woman of Christmas

Guru Di Sekolah Katolik Dipecat Karena Menikahi Pasangan Homonya

Yuk, Rayakan Bersama Ultah Jawaban.com ke-10 !

Forum JC Punya Cerita di Ultah ke-10 Jawaban.com

Kisah Nyata Colton Todd Burpo, Dibawa ke Sorga di Usia 3 Tahun



Sumber : Crosswalk/yk
Halaman :
1

Ikuti Kami