Demi Penumpang, Petugas KA Bintaro Berkorban Nyawa

Nasional / 12 December 2013

Demi Penumpang, Petugas KA Bintaro Berkorban Nyawa

Lois Official Writer
5515

Direktur Utama PT. Kereta Api Ignatius Jonan menceritakan tentang kepahlawanan seorang petugas kereta api yang bertabrakan dengan truk BBM. Dia bercerita, bahwa petugas ini sempat memperingatkan penumpang sesaat sebelum kereta menabrak truk di perlintasan Jalan Bintaro Permai.

“Seorang ibu bercerita bahwa ada petugas yang keluar dari kabin masinis sesaat sebelum kecelakaan. Petugas itu memberitahu penumpang supaya mundur ke gerbong belakang karena kereta akan bertabrakan dengan truk tangki,” ujar Jonan.

Jonan melanjutkan, bukannya ikut lari ke belakang untuk menyelamatkan diri, petugas yang bernama Sofyan Hadi, petugas pelayanan kereta itu malah masuk kembali ke kabin masinis. Dia membantu dua rekannya, masinis Darman Prasetyo dan asisten masinis Agus Suroto, untuk menghentikan kereta.

Sayang upaya mereka gagal, kereta api menabrak truk pengangkut 24 ribu liter bensin, Sofyan dan kawan-kawan meninggal bersama empat penumpang, sementara puluhan lainnya luka-luka. “Jarang sekali ada orang dengan hati sebesar dan semulia itu,” ujarnya lagi.

Cerita ini merupakan cerita korban yang Jonan temui di rumah sakit. “Penumpang lain juga memberi kesaksian yang sama,” ujar Jonan. Jonan pun menaikkan pangkat almarhum Darman dan Agus dua tingkat, sementara Sofyan yang masih berstatus pegawai honorer diangkat menjadi pegawai tetap. “Supaya pesangon atau uang pensiun yang diterima keluarganya bisa lebih besar,” ujarnya.

Kepahlawanan mereka tidak dapat diukur dengan kata-kata, mereka berjuang demi keselamatan orang lain tanpa mempedulikan keselamatan mereka sendiri. Jiwa patriot yang jarang didapat.

 

Baca juga :

Pergilah, Jangan Berbuat Dosa Lagi

Mengenal Natal Lewat Sejarah

Saat Anak Mulai Pacaran, Haruskah Ortu Ikut Campur?

Pelajaran Berkeluarga dari Kelahiran Yesus

16 Tanda Penderita Positif HIV

Ini Karya-Karya Paul Walker Semasa Hidup

Saat Harus Berkarir Setelah Melahirkan

Ketika Keluarga Anak Bermasalah

Tips Agar Kue Kering Tidak Keras

Setelah 10 Tahun Menunggu, Akhirnya Dapat Juga

Sumber : tempo.co by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami