6 Bekal Penting Sebelum Pindah Kerja ke Luar Kota
Sumber: 123rf.com

Career / 10 December 2013

Kalangan Sendiri

6 Bekal Penting Sebelum Pindah Kerja ke Luar Kota

Lori Official Writer
9710

Karir adalah bagian penting dalam hidup yang menentukan masa depan yang lebih baik. Untuk mencapai hal itu, tak sedikit orang yang secara ekstrim melakukan perubahan drastis. Seperti memutuskan untuk pindah kerja dan mencari pekerjaan baru yang lebih menjanjikan masa depan, pindah kerja ke luar kota, berganti haluan ke bidang lain sampai memutuskan berhenti sebagai karyawan dan memilih untuk berwirausaha.  

Keputusan ini tentu memiliki resikonya tersendiri. Untuk menghindarinya perlulah membekali diri dengan enam bekal penting seperti:

Uang

Uang adalah bekal paling utama untuk melakukan perubahan ekstrim ini. Uang tentunya dibutuhkan untuk pengeluaran saat perjalanan, pemenuhan kebutuhan tinggal dan hidup di luar kota sebelum bekerja.

Karir

Pikirkan tentang peluang karir yang disediakan. Pastikan kota yang dituju menyediakan karir yang diidamkan dan peningkatan karir yang lebih baik. Bila telah bekerja, maka mulailah belajar untuk mengenali suasana kerja di kota yang akan ditinggali.

Pengetahuan

Pengetahuan yang luas dan dibarengi dengan keberanian serta tekat diri akan menjadi modal besar yang cukup membantu untuk menjalani hidup baru Anda di luar kota.

Komunitas/Lingkungan

Memiliki kenalan atau teman yang tinggal di kota baru yang dituju akan sangat membantu. Jadi sebelum memutuskan untuk melangkah, cobalah untuk melakukan survei bilamana terdapat sejumlah rekan atau sahabat yang dikenal tinggal di kota tersebut. Namun bila tak satu pun yang Anda kenal, maka cobalah untuk menemukan komunitas dimana Anda dapat menjalin pertemanan yang baru.

Budaya atau kebiasaan hidup

“Lain lubuk lain ikannya”, peribahasa ini bermakna bahwa setiap daerah memiliki ciri khasnya tersendiri. Dengan itu, Anda perlu mempersiapkan diri untuk mengenal budaya dan cara hidup kota yang akan ditempati.

Bahasa

Nah, bahasa adalah media komunikasi dua arah yang sangat penting untuk membangun relasi dengan masyarakat sekitar. Bila bahasa daerah yang sebelumnya benar-benar jauh berbeda, maka belajarlah menguasai bahasanya.

Bila pindah kerja sudah menjadi tekat diberangi dengan visi dan misi yang jelas, maka jangan takut bila sudah mempersiapkan bekal di atas. Sembari tetap bersandar pada tuntunan Tuhan untuk dapat mampu mengerjakan pekerjaan dengan baik.

 

Baca Juga Artikel Lainnya:

Ingin Low Budget? Ini Pilihan Kado Natal untuk Anda

Pernak-pernik Natal Diburu, Saatnya Jadi Reseller!

Irma Suryati, Penyandang Disabilitas yang Sukses Usaha Keset Perca

Dubes RI: Natal Adalah Pesan Kasih dan Perdamaian

PM Singapura Sesalkan Kerusuhan Brutal di Little India

Dina Hiji Mangsa Mencari Host Baru

Sumber : Fimela.com/Jawaban.com/Lori
Halaman :
1

Ikuti Kami