Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
8275


Karir adalah bagian penting dalam hidup yang menentukan masa depan yang lebih baik. Untuk mencapai hal itu, tak sedikit orang yang secara ekstrim melakukan perubahan drastis. Seperti memutuskan untuk pindah kerja dan mencari pekerjaan baru yang lebih menjanjikan masa depan, pindah kerja ke luar kota, berganti haluan ke bidang lain sampai memutuskan berhenti sebagai karyawan dan memilih untuk berwirausaha.  

Keputusan ini tentu memiliki resikonya tersendiri. Untuk menghindarinya perlulah membekali diri dengan enam bekal penting seperti:

Uang

Uang adalah bekal paling utama untuk melakukan perubahan ekstrim ini. Uang tentunya dibutuhkan untuk pengeluaran saat perjalanan, pemenuhan kebutuhan tinggal dan hidup di luar kota sebelum bekerja.

Karir

Pikirkan tentang peluang karir yang disediakan. Pastikan kota yang dituju menyediakan karir yang diidamkan dan peningkatan karir yang lebih baik. Bila telah bekerja, maka mulailah belajar untuk mengenali suasana kerja di kota yang akan ditinggali.

Pengetahuan

Pengetahuan yang luas dan dibarengi dengan keberanian serta tekat diri akan menjadi modal besar yang cukup membantu untuk menjalani hidup baru Anda di luar kota.

Komunitas/Lingkungan

Memiliki kenalan atau teman yang tinggal di kota baru yang dituju akan sangat membantu. Jadi sebelum memutuskan untuk melangkah, cobalah untuk melakukan survei bilamana terdapat sejumlah rekan atau sahabat yang dikenal tinggal di kota tersebut. Namun bila tak satu pun yang Anda kenal, maka cobalah untuk menemukan komunitas dimana Anda dapat menjalin pertemanan yang baru.

Budaya atau kebiasaan hidup

"Lain lubuk lain ikannya", peribahasa ini bermakna bahwa setiap daerah memiliki ciri khasnya tersendiri. Dengan itu, Anda perlu mempersiapkan diri untuk mengenal budaya dan cara hidup kota yang akan ditempati.

Bahasa

Nah, bahasa adalah media komunikasi dua arah yang sangat penting untuk membangun relasi dengan masyarakat sekitar. Bila bahasa daerah yang sebelumnya benar-benar jauh berbeda, maka belajarlah menguasai bahasanya.

Bila pindah kerja sudah menjadi tekat diberangi dengan visi dan misi yang jelas, maka jangan takut bila sudah mempersiapkan bekal di atas. Sembari tetap bersandar pada tuntunan Tuhan untuk dapat mampu mengerjakan pekerjaan dengan baik.

 

Baca Juga Artikel Lainnya:

Ingin Low Budget? Ini Pilihan Kado Natal untuk Anda

Pernak-pernik Natal Diburu, Saatnya Jadi Reseller!

Irma Suryati, Penyandang Disabilitas yang Sukses Usaha Keset Perca

Dubes RI: Natal Adalah Pesan Kasih dan Perdamaian

PM Singapura Sesalkan Kerusuhan Brutal di Little India

Dina Hiji Mangsa Mencari Host Baru

Sumber : Fimela.com/Jawaban.com/Lori


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Alexander Edwardson 27 January 2020 - 08:33:26

Paus fransiskus kecam upah

0 Answer

wong jowo 26 January 2020 - 22:23:30

Peminjam tidak boleh...kepada orang lain

0 Answer

Evi 26 January 2020 - 06:57:18

Saya minta doa, akan operasi benjolan tiroid mingg.. more..

0 Answer


Robs Teng 26 January 2020 - 21:15:09
Terima kasih Tuhan Yesus atas segala penyertaanMu ... more..

[email protected] 22 January 2020 - 18:35:12
Saya sedang ada masalah financial, mohon bantu did... more..

Ika Wiji 20 January 2020 - 17:14:09
Mohon bntuan doa dan dukungannya. Saat ini saya se... more..

King Wardi 16 January 2020 - 20:07:08
Saya mohon didoakan, agar saya mendapatkan pekerja... more..

Banner mitra januari 4


7267

Banner solusi talks