Harapan Makin Besar, Teleskop Huble Temukan Air Di 5 Planet

Nasional / 9 December 2013

Kalangan Sendiri

Harapan Makin Besar, Teleskop Huble Temukan Air Di 5 Planet

Lois Official Writer
5066

Teleskop Huble milik Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) berhasil menemukan lima planet yang mempunyai kandungan air di atmosfer, menurut Fox News. Lima planet ini berada di luar sistem tata surya atau dikategorikan sebagai eksoplanet atau planet yang berada di orbit lain dan mengelilingi mataharinya sendiri.

Penemuan air di di dalam atmosfer ini merupakan langkah maju dalam pencarian planet-planet yang mungkin mampu mendukung suatu kehidupan, kata para peneliti. "Untuk mendeteksi keadaan lingkungan di eksoplanet sangat sulit. Tapi, Teleskop Huble berhasil menangkap sinyal-sinyal yang menunjukkan adanya air," ujar Avi Mandell, peneliti di NASA Goddard Space Flight Center.

"Kami sangat yakin melihat adanya tanda-tanda air di lima eksoplanet yang bernama WASP-17b, HD209458b, WASP-12b, WASP-19b and XO-1b. Temuan ini telah membuka pintu untuk menemukan eksoplanet-eksoplanet yang bisa untuk dihuni oleh manusia," kata Mandel. Adapun WASP-17b dan HD209458b adalah planet yang memiliki kandungan air paling banyak.

Seperti kita ketahui, tubuh kita terdiri dari sebagian besar air sehingga air merupakan faktor utama di dalam manusia bertahan hidup. Meskipun temuan ini berada jauh dari Planet Bumi namun harapan ini tentu menggembirakan dan penelitian mencapai langkah maju.

 

Baca juga :

Tanda-Tanda Orangtua / Mertua Terlalu Ikut Campur

Mengapa Natal Jadi Sukacita Terbesar dalam Hidup?

Saat Orangtua Ikut Campur Ngurus Anak

Film Terbaik Tentang Kalkun : Free Birds

10 Cara Makan Fast Food Tapi Tetap Sehat

9 Pernikahan Artis Hollywood Tersingkat, Paling Lama 9 Hari Saja

Forum : Bakti Sosial 7 Desember 2013, Mau Ikutan?

Semua Indah, Jangan Menangis Mama

Sambut Natal, Siapkan Makanan Nuansa Merah Hijau

Sumber : viva.co.id by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami