Pesan Mandela : Olahraga Memiliki Kekuatan Untuk Mengubah Dunia
Sumber: BBC

Nasional / 7 December 2013

Kalangan Sendiri

Pesan Mandela : Olahraga Memiliki Kekuatan Untuk Mengubah Dunia

Puji Astuti Official Writer
3774

Nelson Mandela, aktifis dan politisi legendaris Afrika Selatan ini meninggal dunia di usia 95 tahun pada Kamis (5/12) waktu setempat atau Jumat (6/12) waktu Indonesia. Salah satu warisan yang ia tinggalkan adalah bagaimana ia memakai dunia olahraga sebagai salah satu alat perjuangannya untuk memerangi sistem aparteid.

Mandela menyadari bahwa olahraga memiliki kekuatan besar untuk menyatukan dan mentransformasi masyarakat. Ia sendiri merupakan seorang petinju amatir di masa mudanya dan selalu berlari pagi selama dua jam setiap hari. Ia bahkan menjaga tubuhnya tetap fit selama 27 tahun berada di penjara.

Mandela pernah berkata, "Olahraga memiliki kekuatan untuk mengubah dunia. Memiliki kekuatan untuk menginspirasi. Memiliki kekuatan untuk menyatukan orang-orang dengan cara yang berbeda dari yang lain. (Olahraga) Berbicara kepada anak-anak muda dengan cara yang mereka mengerti. Olahraga dapat membangkitkan harapan dimana hanya ada keputusasaan. Lebih berkuasa dari pemerintah dalam menghancurkan tembok rasial."

Kini saat ia meninggal, dunia olahraga pun berduka. Banyak atlit maupun mantan atlit yang menyampaikan belasungkawanya.

"Mandela adalah sosok yang dilahirkan sebagai orang bebas, ditakdirkan untuk melambung melebihi pelangi. Hari ini rohnya melonjak menembus langit," demikian ungkap Muhammad Ali.

Tiger Wood yang pernah diundang makan siang oleh Mandela saat memenangkan gelar Master pertamanya di tahun 1998 bersama ayahnya mengungkapkan bahwa pertemuan itu adalah pertemuan paling inspiratif sepanjang hidupnya.

Demikian juga mantan bintang lapangan hijau David Beckham, " Kita kehilangan seorang pria yang benar dan manusia yang berani. Benar-benar sebuah kehormatan untuk mengenal seorang pria yang memiliki cinta yang tulus untuk semua orang."

Hidup Mandela membekas di hati dan kehidupan banyak orang, dan ia melakukannya dengan kesederhanaan dan kerendahan hati. Hal ini menjadikannya sosok melegenda di dunia.

Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami