Gereja Diajak Dampingi Umat Muslim Dalam Pertarungan Internalnya

Gereja Diajak Dampingi Umat Muslim Dalam Pertarungan Internalnya

daniel.tanamal Official Writer
3357

Teolog Jerman dan mantan Sekretaris Jenderal Dewan Gereja-gereja Dunia, Konrad Raiser melihat bahwa saat ini sedang terjadi pertarungan internal di dalam tubuh masyarakat Muslim sendiri seperti yang terjadi di wilayah Timur Tengah dan di wilayah-wilayah Islam lainnya.

Untuk itu Raiser melihat bahwa dalam pergolakan yang sekarang terjadi, maka gereja-gereja harus mendampingi umat Muslim pertarungan itu. “Pertarungan internal itu, setahu saya, sudah berlangsung sejak abad ke-19 ketika Islam ditantang oleh masuknya pengaruh dunia modern ke dalam kehidupan sehari-hari,” katanya di Busan, Korea Selatan.

“Saya kira itu merupakan kewajiban gereja dan umat Kristen, yakni menemani kaum Muslim dalam pertarungan internal mereka, alih-alih mencap mereka sebagai ‘fundamentalis’ yang hanya akan makin menyisihkan mereka,” tambahnya.

Menjadi peran kita bersama sebagai satu gereja yang mengasihi sesame untuk mendampingi siapapun yang tengah dilanda kesusahan terutama dalam konflik panjang seperti di Suriah yang tiada ujungnya.

 

 


Sumber : Satuharapan
Halaman :
1

Ikuti Kami