Ketua POGI Jakarta : Daripada Dituntut Biarkan Saja Pasien Mati
Sumber: solopos.com

Nasional / 27 November 2013

Kalangan Sendiri

Ketua POGI Jakarta : Daripada Dituntut Biarkan Saja Pasien Mati

Budhi Marpaung Official Writer
3799

Ketua Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) Cabang Jakarta dokter Frizar Irmansyah mengeluarkan ancaman kepada Mahkamah Agung. Jika Peninjauan Kembali (PK) kasus dokter Ayu Sasiary Prawarni dan dokter Hendry Simanjuntak tidak dimenangkan maka dokter akan melakukan defensive medicine.

Sebagai informasi, defensive medicine merupakan suatu sikap atau tindakan tenaga kesehatan dalam hal ini dokter, yang melakukan suatu pemeriksaan diagnostik atau tindakan pengobatan yang tidak berdasarkan kepentingan pasien, melainkan untuk membela diri jikalau di suatu saat terdapat tuntutan malpraktik dari pihak tertentu.

Dijelaskan Frizar bahwa tindakan defensive medicine tidak hanya akan berdampak kepada pasien, tetapi juga bakal membawa efek negatif kepada dokter dan rumah sakit.

"Karena dampaknya akan sangat luar biasa. Hasilnya akan menjadi acuan, sehingga dokter akan mengalami kemunduran. Karena tindakannya itu tidak hanya merugikan dokter tapi rumah sakit juga," tuturnya.

"Daripada saya dituntut biarkan saja pasien mati," pungkas Frizar.

Proses peradilan sudah semestinya bebas tekanan dari pihak manapun. Ini tidak bisa diganggu oleh siapapun juga. Memberikan tolerir sekali saja terhadap “intervensi” maka ke depan rakyat akan sangat sulit memercayai penegakan hukum di Indonesia.

 

Baca juga :

Hari Dokter Nasional Momen Refleksi Panggilan Sebagai Dokter

Mujizat Kesembuhan Terjadi Dalam Hidupku

Thread Forum JC : Bakti Sosial (Berbagi Kasih Dengan Anak-Anak Tanah Merah - OBI  

Lima Cara Mudah Hilangkan Stres

Bayi Yesus Buatku Tertawa

Sumber : merdeka.com / budhianto marpaung
Halaman :
1

Ikuti Kami