Jual Foto dari Twitter, AFP Didenda Rp14 Miliar
Sumber: Petapixel.com

Nasional / 26 November 2013

Kalangan Sendiri

Jual Foto dari Twitter, AFP Didenda Rp14 Miliar

Lori Official Writer
8212

Sebuah foto berlambang burung biru karya fotografer lepas Daniel Morel yang dishare ke Twitter menjadi bahan pergunjingan lantaran dicomot oleh kantor berita AFP (Agence Farnce-Presse) dan Getty Images. Daniel pun melayangkan gugatan atas pencurian dan penjualan karyanya tanpa izin.

Seperti dirilis oleh Reuters Selasa (26/11), pengadilan kota New York menjatuhkan hukuman denda terhadap AFP sebesar 1.2 Juta dollar Amerika atau setara dengan Rp14 miliar (kurs Rp11.722 per USD) pada Minggu (24/11). Keputusan ini sesuai dengan peraturan Twitter yang menetapkan bahwa setiap foto yang diposting di Twitter tidak dapat diperjualbelikan tanpa izin, namun hanya dapat di-retweet.

Padahal dalam proses peradilan, AFP sempat membantah disebut melakukan pencurian dengan pandangan bahwa setiap foto yang dibagikan di Twitter adalah bebas dan gratis untuk digunakan oleh umum.  

Foto milik Daniel tersebut merupakan foto koleksi yang diambil pasca bencana alam gempa bumi di Haiti pada 2010 silam. Bahkan foto ini telah dijual kepada sejumlah media seperti New York Times dan Time. Sementara Washington News menjadi salah satu pembeli dari Getty Images.

Belum tahu sebelumnya tentang peraturan Twitter ini? Kasus Daniel Morel menjadi salah satu pembelajaran bagi kita untuk tidak mencuri karya orang lain tanpa ijin. Sebab sebuah karya sangat bernilai bagi penciptanya.


Baca Juga Artikel Lainnya:

OBI Pendidikan, Bantu Anak-anak Tanah Merah Raih Cita

Penghina Menlu RI Diancam Dibunuh

Tiego Diputus Kontrak, Riedl Resmi Latih Timnas

Pendukung Jokowi Presiden 2014 Dirikan 10 Ribu Posko

Denda Maksimal Masuk Busway Resmi Berlaku Hari ini

Hidup Keras Mengubah Ku Jadi Pria Brutal

Sumber : Okezone.com/Jawaban.com/Lori
Halaman :
1

Ikuti Kami