Inilah Cara Mengisi Waktu Istirahat Jadi Lebih Produktif (1)

Career / 23 November 2013

Kalangan Sendiri

Inilah Cara Mengisi Waktu Istirahat Jadi Lebih Produktif (1)

daniel.tanamal Official Writer
4419

Banyaknya tugas dengan rutinitas yang padat bukan berarti anda harus mengabaikan waktu istirahat. Malah, mengambil break sejenak bisa meningkatkan produktivitas. Tapi tentu saja kita perlu memanfaatkan waktu jeda tersebut dengan baik.

Jason Jennings, penulis untuk New York Times pernah melakukan studi terhadap lebih dari 11 ribu CEO dan pengusaha. Hasilnya, para responden tersebut mengisi waktu jam istirahat atau jeda dengan melakukan hal yang positif dan sekaligus produktif. Apa saja misalnya?

Pergi sebentar dari gedung kantor
Setelah duduk dalam posisi statis cukup lama, dua pertiga dari aliran darah akan menumpuk di sekitaran pinggang. Untuk itu wajib hukumnya mengambil jeda setiap satu atau dua jam untuk berdiri dan berjalan-jalan sebentar. Bila perlu melangkahlah ke luar gedung kantor. Ini akan membantu aliran darah kembali ke otak dan membantu konsentrasi saat kembali bekerja. Berjalan kaki sebentar akan membuat otot lebih rileks sehingga tubuh tak gampang pegal.

Berkomunikasi tatap muka
Sesekali temui rekan kerja yang selama ini Anda cuma berinteraksi dengannya lewat pesan pendek atau surat elektronik. Komunikasi secara langsung jelas memberikan dampak yang berbeda ketimbang hanya membaca teks.

Mendengar musik
Ada korelasi antara suasana kerja dengan energi yang dibutuhkan untuk menuntaskan pekerjaan. Demikian Don DuRousseau, seorang ilmuwan neuroscientist, berpendapat. Menurutnya musik dengan tempo cepat dapat merangsang sistem saraf dan meningkatkan motivasi kerja.

Menelusuri situs atau blog yang disukai
Selain membuka situs berita, sesekali segarkan pikiran dengan membuka situs atau blog orang-orang yang inspiratif. Manfaatkan juga waktu jeda ini untuk mengintip topik hangat atau kegiatan teman-teman di media sosial. Meski begitu batasi waktunya tak lebih dari 10 menit agar waktu Anda tak terbuang percuma.

 

 


Sumber : kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami