15 Alasan Paus Fransiskus Tarik Perhatian Dunia (1)
Sumber: REUTERS/Tony Gentile

Internasional / 17 November 2013

Kalangan Sendiri

15 Alasan Paus Fransiskus Tarik Perhatian Dunia (1)

Lori Official Writer
3424

Paus Fransiskus, pemimpin gereja Katolik dan kota Vatikan ini cukup menarik perhatian dunia. Sejak menjabat sebagai Paus Vatikan, pelayanannya kerap menjadi sorotan. Tindakannya yang terbuka terhadap publik mengundang pandangan tersendiri dari berbagai kalangan terhadapnya. 

Bila diperbandingkan dengan paus sebelumnya, pria berusia 76 tahun ini tampak lebih menyenangkan. Apa saja yang terlihat berbeda dari sosok pria asal Argentina ini, berikut berbagai tanggapannya:

1. Sarah Palin menilai Paus adalah sosok yang liberal (bebas)

Sarah Palin, mantan kandidat wakil presiden Amerika Serikat 2008 ini menilai bahwa Paus memiliki agenda bebas dan merasa heran bahwa dirinya tidak khawatir bilamana berbagai media dapat memanipulasi pesan yang disampaikannya.

2. Paus merasa prihatin dengan korban Topan Haiyan, Filipina

Setelah kehancuran yang diakibatkan oleh Topan Haiyan pekan lalu, Paus Fransiskus memimpin 60 ribu orang untuk berdoa bagi para korban. Ia memutuskan agar Vatikan  menyumbangkan 150 ribu dollar Amerika bagi korban bencana itu. Meskipun 80 persen warga Filipina adalah Katolik, namun Paus Fransiskus tetap melakukan hal serupa bagi siapapun.

3. Paus memberi pelukan hangat bagi 100 umat penyandang disabilitas

Beberapa waktu lalu, Paus menyambut pengunjung Lourdes sebanyak 100 orang dan mmberikan pelukan hangat. Lourdes merupakan tempat suci yang dikunjungi oleh pria dan wanita yang sakit dan cacat untuk mendapatkan kesembuhan.

4. Paus seorang pribadi yang humoris

Paus juga dikenal sebagai sosok yang tidak segan melakukan hal konyol. Hal yang pernah dilakukannya adalah ketika berpartisipasi dalam acara amal Italia untuk membantu anak-aak sakit. Saat itu dirinya tampil dengan mengenakan hidung badut.

5. Paus akan merangkul setiap orang, tak peduli dengan rupa

Beberapa pekan lalu, Paus merangkul seorang pria yang menderita kanker syarafdan dipenuhi dengan bisul di sekujur tubuhnya. Tindakan ini sebagai bentuk pribadi paus yang berbelas kasihan terhadap siapapun.

6. Paus Fransiskus mengerti tentang ‘keluarga modern’

Paus menyadari bahwa keluarga masa kini telah berubah dan menjadi tanda bahwa sudah waktunya gereja untuk bergerak maju. Atas hal ini, Paus telah mengajak seluruh gereja untuk fokus pada hal yang dibutuhkan umat  seperti persoalan pernikahan sesama jenis dan perceraian dalam keluarga. Dengan itu, dirinya menganjurkan agar gereja memodifikasi tradisi gereja yang kurang efektif.

7. Paus mengajak para pemimpin gereja untuk hidup sederhana

Puas yang dikenal sebagai pribadi yang sederhana merasa prihatin dengan cara hidup para pemimpin gereja yang penuh kemewahan. Dengan itu, dirinya mengajak kardinal dan bishop mengubah cara hidup tersebut sebagai bentuk teladan bagi para umat.


Baca Juga Artikel Lainnya:

Kreatif! Taksi Diubah Jadi Gereja

Ajaib! Patung Yesus Tetap Utuh Ditengah Terpaan Topan Haiyon

Kelompok Mafia Rencanakan Bunuh Paus Fransiskus

Edensor, Jejak Laskar Pelangi Belitung Gapai Paris

Dina Hiji Mangsa Meraih Top Viewers



Sumber : Globalpost.com/Jawaban.com/LS
Halaman :
1

Ikuti Kami