Linus Torvalds, Si Genius Rendah Hati Dibalik Linux

Linus Torvalds, Si Genius Rendah Hati Dibalik Linux

Lori Official Writer
4162

Linus Benedict Torvalds adalah seorang kebangsaan Finlandia yang lahir di Helsinki, Finlandia 28 Desember 1969. Pria yang disapa Linus ini terkenal lantaran menjadi perintis pengembangan Kernel Linux.

Pada tahun 1991, tanpa disengaja tindakannya membagi kode sumber kernel Linux seukuran disket lewat internet akhirnya membuahkan hasil dan berubah menjadi bisnis berpenghasilan milyaran dolar seperti saat ini.

Linus tidak menduga perjalanan Linux cepat melejit dan berkembang menjadi sistem operasi yang dikombinasikan ke dalam server, komputer desktop, tablet PC, PDA, handphone, GPS, robot, mobil bahkan pesawat ulang alik buatan NASA. Faktanya, sekitar 20 % pangsa pasar desktop dunia menggunakan Linux jauh di atas sistem operasi Mac OS.

Namun, dibalik kesuksesan ini tak dipungkiri bahwa Linus harus berjuang keras menghadapi perdebatan dengan sejumlah pendiri kernel yang tidak mengapresiasi kehadiran Linux sebagai suatu sistem operasi yang terbuka dan terjangkau. Namun perdebatan tersebut tidak menyurutkan niat pria pendiam ini untuk terus mengembangkan kernel Linux. Dengan bantuan programer-programer handal, Linus menyempurnakan kembali sistem operasi ini hingga akhirnya banyak dipakai di dunia informatika.

Pria penggemar sepeda ini pun mendapat berbagai penghargaan atas kegeniusannya dalam bidang IT. Salah satunya adalah penghargaan Millenium Technology Prize di negara asalnya Finlandia pada 2012 lalu. Kecerdasannya diakui sangat memberi kontribusi yang besar dalam bidang teknologi yang telah dinikmati oleh masyarakat dunia lewat gadget-gadget canggih masa kini.

Namun pendiri kernel berlogo penguin ini tetap saja kurang menerima bila disebut berjasa dibalik kesuksesan Linux. Sebab ia menilai bahwa keberhasilan tersebut adalah berkat usaha dan pekerjaan orang lain, yaitu para programmer yang turut membantunya menyempurnakan sistem operasi ini. Meskipun tak dipungkiri bahwa Linus sendirilah yang menjadi pintu awal dari kehadiran Linux yang dipakai dalam berbagai perangkat komputer dan telepon seluler.

Seorang Linus menyatakan apa yang dilakukannya adalah hanya untuk berbagi. Namun lebih dari itu, pria yang hobi bersepeda ini justru telah memberi kontribusi besar di dunia teknologi informatika.


Baca Juga Artikel Lainnya:

Kisah Sukses Lee Byung-chung, Bapak Pendiri Samsung

Tips Cerdas Memilih Smartphone

Strategi Menghadapi Persaingan Bisnis Gadget

Depak Heins, BlackBerry Punya Bos Baru

Ratusan Anak Belajar Firman Tuhan Lewat Superbook!

Sumber : Berbagai Sumber/Jawaban.com/Ls

Ikuti Kami