Bangga Indonesia : 5 Kopi yang Terkenal di Dunia
Sumber: manfaatkopi.com

Nasional / 10 November 2013

Kalangan Sendiri

Bangga Indonesia : 5 Kopi yang Terkenal di Dunia

Lois Official Writer
8122

Indonesia tidak hanya dikenal sebagai pengrajin batik ataupun wisata di Pulau Balinya, namun juga dari kopi. Bahkan secara khusus Oprah Winfrey pernah mengulas kenikmatan kopi asli Indonesia. Berikut ini lima kopi yang menebar keharumannya sampai ke negeri orang :

Kopi Luwak

Kopi yang sudah terfermentasi dalam lambung luwak ini memiliki cita rasa unik karena lebih asam dibandingkan kopi lain. Kopi luwak yang rasa pahitnya sudah hilang saat fermentasi ini juga punya aroma karamael dan kakao. Inilah yang membuat kopi tersebut jadi kopi termahal di dunia. Setengah biji kopi dijual US$600 atau Rp 7 juta dan satu cangkirnya bisa dijual hingga US$50 atau Rp 500 ribu rupiah.

Kopi Wamena

Kopi asal Papua ini punya sedikit kafein dan punya citarasa seperti Jamaica Blue Mountain Café, yaitu kopi arabika yang ditanam di Blue Mountain. Kopi ini telah menjadi nomor satu di Amerika.

Kopi Toraja

Sesuai namanya, kopi ini berasal dari Toraja dengan kandungan asam rendah dan perpaduan rasa tanah. Kopi ini sempat terdaftar di urutan kedua kopi terbaik di dunia. Pecinta kopi ini kebanyakan berasal dari Jepang.

Kopi Gayo

Berasal dari Tanah Gayo, Aceh kopi ini sudah diakui pakar uji cita rasa dunia, Christopher Davidson. Kopi yang sangat difavoritkan di Amerika Utara ini mendapatkan angka 85 saat diadakan penilai dalam Speciality Coffee Association of Amerika.

Kopi Kintamani

Kopi asal Bali ini beraroma lembut dan manis. Diproduksi dalam sistem subak abian yang mendorong pengolahan kopi secara organic, kopi ini sudah mendapatkan spesifikasi Indikasi Geografis dari CIRAD (Centre de Cooperation en Recherches Agronomiques pour le Development) Paris sebagai kopi unik Bali. Sebagian besar Kopi Kintamani ini diekspor ke Jepang.

Kebanggaan bagi Indonesia yang punya begitu banyak kekayaan alam dan penghasilan bumi yang melimpah. Tentu selain batik, Bali, kopi, masih banyak ciri khas Indonesia lainnya yang sangat mendunia. Rendang pernah disebut sebagai makanan terenak di dunia, hutan tropis yang memberikan oksigen terbesar bagi dunia, dan lain sebagainya.

 

Baca juga :

Anak Bermasalah? Orangtua yang Harus Instropeksi

Latihan Fisik yang Dapat Sembuhkan Osteoporosis

Cakupan dalam Berkarir Musik

Aksi Thor Saat Asgard Diancam Musuh

Belajar Dari Yakub, Seorang Penipu yang Menjadi Terberkati

Semut dan Belalang di Negeri Serangga

Mau Langsing Setelah Melahirkan? Ini Caranya

Artis di Dunia Politik dan Perselingkuhan

Sumber : viva.co.id by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami