Din Syamsuddin Sampaikan Pesan Umat Islam di Sidang Dewan Gereja

Din Syamsuddin Sampaikan Pesan Umat Islam di Sidang Dewan Gereja

daniel.tanamal Official Writer
5908

Dalam Sidang Raya Dewan Gereja Sedunia ke-10 (The 10th Assembly of World Council of Churches) di Busan, Korea Selatan, Selasa (5/11), Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Din Syamsuddin menyampaikan pidato yang diakuinya sebagai pesan dari umat Islam.

Menurut Din saat ini situasi dunia masih diliputi ketiadaan damai (the absence of peace). Ketiadaan damai itu adalah kemiskinan, kebodohan, keterbelakangan, kesenjangan, ketidakadilan, kekerasan, konflik, dan perang. "Maka agama-agama harus berperan sebagai pemecah masalah. Oleh karena itu agama-agama perlu menampilkan misi profetiknya," kata Din.

Dalam sidang yang diselenggarakan tujuh tahun sekali dan, dihadiri sekitar 3.000 tokoh gereja Kristen Protestan berasal dari berbagai negara itu, Din mengajak agar agama-agama harus menyelesaikan masalah-masalah dirinya, baik internal maupun eksternal, dengan agama-agama lain. "Perlu diintensifkan dialog inter dan intra agama," katanya.

Ketua Umum PP Muhammadiyah itu juga menyampaikan relasi antara Islam dan Kristen sebagai dua agama Ibrahim yang memiliki perbedaan tetapi juga persamaan. Menurut dia, saat ini waktunya untuk mengutamakan persamaan-persamaan dan tidak membesar-besarkan perbedaan.

 

Baca Juga Berita Lain:

Pancasila, Civil Religion Yang Dapat Naungi Semua Agama

Gereja Diajak Dampingi Umat Muslim Dalam Pertarungan Internalnya

Umat Kristen Diajak Untuk Berjalan Dalam Perdamaian

Dewan Gereja Dunia : Solidaritas Kristen Jangan Eksklusif

 

 


Sumber : antaranews
Halaman :
1

Ikuti Kami