Beritakan Dinas Rahasia, Harian The Guardian Diancam PM Inggris

Nasional / 3 November 2013

Kalangan Sendiri

Beritakan Dinas Rahasia, Harian The Guardian Diancam PM Inggris

Yenny Kartika Official Writer
4514

Perdana Menteri Inggris David Cameron menentang keras publikasi harian ternama Inggris The Guardian yang banyak memuat tulisan tentang kegiatan dinas rahasia. Seorang jurnalis Guardian, Glenn Greenwald, memang merupakan salah satu orang pertama yang menerima informasi tentang aktivitas penyadapan NSA (Badan Keamanan Nasional) dari Edward Snowden.

Setelah Edward Snowden membocorkan penyadapan yang dilakukan NSA selama ini, Greenwald seringkali mengangkat tulisan tentang kegiatan dinas rahasia, termasuk penyadapan yang dilakukan dinas rahasia Inggris GCHQ.

“Jika media tidak menunjukkan sikap bertanggungjawab, maka sulit bagi pemerintah untuk diam saja dan tidak melakukan apa-apa,” kata Cameron seperti dilansir Deutsche Welle.

Semenjak peristiwa terorisme terjadi di Inggris, keamanan di negeri itu sangat diperhatikan.  Oleh karena itu, media yang memberitakan praktek dinas rahasia dianggap musuh pemerintah Inggris. Selama beberapa minggu belakangan, Guardian dikecam sejumlah media lain yang condong pada pemerintah. Harian Sun mendesak agar Guardian diperiksa karena telah membantu teroris, sementara harian Daily Mail menjuluki Guardian sebagai ‘media yang membantu musuh kita’.


BACA JUGA:

Terungkap, Obama Mata-matai 35 Pemimpin Dunia termasuk Sekutunya

Bocorkan Rencana NSA, Snowden Dilarang Terbang ke Inggris

Obama Merosot, Putin Jadi Sosok Nomor Satu di Dunia

True Story of Mangiring Napitupulu, a Man Who Trusted Shaman More Than God

Jurus Menggaet Untung dari Bisnis Pernak-pernik K-Pop

Pernah Alami Kekerasan Orangtua, Artis Ini Justru Makin Peduli Sesama

Vitamin D Rupanya Tak Mempan Bagi Osteoporosis

Firman Tuhan Menggema di Media

Sumber : DeutscheWelle/yk
Halaman :
1

Ikuti Kami