PBB: Hamil di Usia Remaja adalah Masalah Besar di Dunia

Nasional / 1 November 2013

Kalangan Sendiri

PBB: Hamil di Usia Remaja adalah Masalah Besar di Dunia

Yenny Kartika Official Writer
8899

Di seluruh dunia, masih ada setidaknya 7 juta gadis di bawah usia 18 tahun yang melahirkan bayi setiap tahunnya, demikian laporan terkini dari Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) untuk Population Fund. Dari jumlah tersebut, 2 juta di antaranya berusia di bawah 14 tahun.

“Gadis yang sudah hamil di usia 14 tahun adalah mereka yang haknya telah dilanggar dan masa depannya disesatkan,” kata Direktur Eksekutif Dr. Babatunde Osotimehin.

Dalam laporan, Osotimehin juga menyebut bahwa kehamilan di usia remaja bukanlah pilihan yang dibuat oleh gadis-gadis tersebut. Sebaliknya, itu terjadi justru karena mereka tidak punya pilihan.

“Itu adalah situasi di luar kendali seorang gadis,” tutur Osotimehin. “Kehamilan merupakan konsekuensi dari menipisnya atau tidak adanya akses akan sekolah, pekerjaan, informasi yang bermutu, dan perawatan kesehatan.”

Laporan mengatakan, kehamilan dini adalah cerminan ketidakberdayaan, kemiskinan, dan tekanan—baik dari pasangan, teman-teman, keluarga, maupun komunitas. Dalam banyak kasus, masyarakat bisa melihat bahwa kehamilan dini adalah akibat dari kekerasan seksual.

Saat anak menjadi korban pelecehan seksual, orang tua hendaknya berintrospeksi: apakah anak sudah diberikan cukup perhatian, apakah orang tua mengajarkan fakta tentang seks dengan cara yang bisa dimengerti anak, apakah anak tahu bagaimana memilih teman-teman yang gaya hidupnya benar, dan lain-lain. Pilu rasanya mendengar generasi remaja dan pemuda—yang seharusnya enerjik dan berapi-api mengasah talentanya—malah ‘terjebak’ menjadi ayah dan ibu muda dengan tanpa persiapan sebelumnya. Orang tua hendaknya bangkit dan sadar, bahwa mereka memegang andil yang luar biasa besar untuk memberantas isu ini.

 

BACA JUGA:

Bosan, Wanita Hamil dan Anak Jadi Mainan Sniper Suriah

Seorang Dokter India Bangun Pabrik Bayi Pertama di Dunia

True Story of Mangiring Napitupulu, a Man Who Trusted Shaman More Than God

Jurus Menggaet Untung dari Bisnis Pernak-pernik K-Pop

Pernah Alami Kekerasan Orangtua, Artis Ini Justru Makin Peduli Sesama

Vitamin D Rupanya Tak Mempan Bagi Osteoporosis

Firman Tuhan Menggema di Media

Sumber : CBN News/yk
Halaman :
1

Ikuti Kami